Fractional NFT: Cara Baru dalam Investasi Aset Digital

Update 31 Aug 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar Fractional NFT: Cara Baru dalam Investasi Aset Digital
Reading Time: 6 minutes

Apakah kamu pernah membayangkan memiliki NFT blue chip seperti CryptoPunks dengan hanya mengeluarkan sekitar 10 dolar AS? Ternyata, hal tersebut menjadi mungkin berkat adanya fractional NFT (F-NFT). Konsep fractional NFT memungkinkan pemilik NFT CryptoPunks untuk memecah kepemilikan mereka menjadi beberapa bagian dan menjualnya dalam bentuk fractional NFT yang dapat diperdagangkan. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih dalam tentang apa itu fractional NFT dan berbagai kegunaannya yang menarik.

Ringkasan Artikel

  • ūüĖľÔłŹ¬†Fractional NFT (F-NFT) adalah bentuk NFT yang memungkinkan pemiliknya membagi aset digital menjadi bagian-bagian yang dapat diperdagangkan.
  • ūü™ô¬†Proses fraksionalisasi melibatkan pembagian NFT standard (biasanya menggunakan ERC-721 atau ERC-1155) menjadi pecahan yang lebih kecil dalam bentuk token ERC-20 melalui smart contracts.
  • ‚ú®¬†Fractional NFT memungkinkan investor ritel untuk berinvestasi pada NFT blue chips yang sebelumnya tidak terjangkau dari segi harga.
  • ūü§Ď¬†F-NFT membuka peluang dalam berbagai sektor. Pemain, investor, dan kolektor dapat memiliki bagian dari aset virtual, karakter game, properti nyata, karya seni, dan banyak lagi.

Apa itu Fractional NFT?

Fractional NFT (F-NFT) adalah bentuk dari NFT yang memungkinkan pemilik untuk membagi kepemilikan aset digital menjadi bagian-bagian yang dapat diperdagangkan.

Dengan kata lain, seorang pemilik NFT bisa membagi NFT-nya menjadi beberapa bagian kecil atau ‚Äúfraksi‚ÄĚ. Hal ini memungkinkan beberapa orang berinvestasi dalam NFT yang sama menggunakan besaran persentase kepemilikan.

Sumber: Fractional Art

NFT blue chip seperti BAYC, Cryptopunks, DeGods, dan lainnya, memiliki harga hingga ratusan juta rupiah. Dengan fractional NFT, pengguna dapat memiliki sebagian dari NFT tersebut dengan harga yang lebih murah.

Dengan demikian, fractional NFT memungkinkan investor ritel atau individu untuk berpartisipasi dalam investasi aset NFT blue chip yang sebelumnya hanya tersedia bagi investor bermodal besar.

Kamu juga bisa mengetahui bentuk NFT lainnya di artikel ini.

Cara Kerja Fractional NFT

Sumber: LeewayHertz

Sebelum NFT difraksionalisasi, ia terkunci dalam smart contracts. NFT pada umumnya menggunakan standard token ERC-721 (juga ERC-1155) di jaringan Ethereum. Proses fraksionalisasi melibatkan pembagian NFT ERC-721 menjadi pecahan yang lebih kecil dalam bentuk token ERC-20 melalui smart contracts.

Hasil NFT yang difraksionalisasi menjadi token ERC-20. Misalnya, NFT The Doge, fractional tokennya adalah DOG dan NFT Mutant Cats adalah FISH. Ticker token tersebut dapat ditentukan oleh pembuat fractional NFT.

Pemilik NFT dapat menggunakan platform pembuatan fractional NFT seperti Fractional.art, Unic.ly, NFTX, dan beberapa platform lainnya.

Berikut cara pembuatan fractional NFT secara umum:

  • Pembagian NFT: Misalnya, seseorang memiliki sebuah NFT bernilai 100.000 dolar AS. Ia ingin beberapa orang lain untuk berinvestasi dalam NFT tersebut tanpa harus membeli seluruh NFT.
  • Pembentukan Fraksi: Pemilik NFT membuat fraksi dari NFT utama. Misalnya, NFT utama senilai 100.000 dolar AS ini dapat dibagi menjadi 100 fraksi, masing-masing mewakili kepemilikan atas 1% dari NFT utama.
  • Investasi Bersama: Sekarang, pengguna lain dapat membeli salah satu atau beberapa fraksi ini. Sebagai contoh, pengguna bisa membeli 5 fraksi dengan investasi sebesar 5.000 dolar AS.
  • Kepemilikan dan Dividen: Pemilik fraksi berbagi kepemilikan NFT utama dan potensi keuntungan dari kenaikan nilainya. Jika NFT utama meningkat nilainya menjadi 200.000 dolar AS, pemilik fraksi akan mengalami kenaikan nilai aset mereka secara proporsional. Selain itu, jika NFT menghasilkan pendapatan, seperti royalti dari penjualan reproduksi digitalnya, pendapatan tersebut akan didistribusikan kepada pemilik fraksi sesuai dengan proporsi kepemilikan mereka.

Kegunaan Fractional NFT

  • Game dan Hiburan: Pemain dapat berinvestasi dalam items langka dalam game atau karakter virtual melalui kepemilikan F-NFT. Ini membuka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan nilai aset dalam game.
  • Real Estate: Investor dapat memiliki sebagian kecil dari properti nyata melalui F-NFT, memudahkan akses ke investasi real estate.
  • Seni dan Koleksi: F-NFT memungkinkan pengguna berinvestasi dalam karya seni atau koleksi mahal dengan kepemilikan F-NFT.
  • Musik dan Olahraga: Penggemar dapat berinvestasi dalam artis, atlet, atau tim favorit melalui F-NFT, mengikuti potensi kesuksesan mereka.
  • Metaverse dan VR: F-NFT menciptakan ekonomi digital dalam metaverse, memungkinkan kepemilikan aset virtual yang berdampak nyata.

Contoh Fractional NFT Populer

NFT Meme Doge

Sumber: Fractional Art

Doge NFT menampilkan Kabosu, Shiba Inu yang menjadi meme global. Cerita bermula dari pemiliknya, Atsuko Sato, yang tanpa sengaja memotretnya. Ini mengilhami Dogecoin, aset crypto dengan simbol wajah Kabosu. Pada Juni 2021, Atsuko Sato menjual meme ini sebagai NFT ke PleasrDAO dengan harga 4 juta dolar AS. PleasrDAO kemudian memecahnya menjadi 17 miliar dengan ticker token DOG, memungkinkan kolektor memiliki bagian dari NFT ikonik ini.

Newborn 1 & 3

Sumber: NFT Evening

Musisi dan pencipta musi asal Kanada, Grimes, membuat NFT Newborn 1 & 3. NFT tersebut bernilai 6.400 dolar AS. Per Juli 2021, NFT tersebut difraksionalisasi di platform fractional NFT, Otis, dengan harga 10 dolar AS per fraksi.

CryptoPunks

CryptoPunks hanya tersedia sebanyak 10.000 NFT yang harganya cukup mahal sehingga sulit dijangkau oleh investor kecil. Namun, dengan F-NFT para investor kecil dapat memiliki sebagian kepemilikan NFT tersebut.

Pada April 2021, 50 CryptoPunks dibagi menjadi 250 juta token uPUNK di Unicly. Beberapa pemilik CryptoPunks memecah NFT mereka menjadi lebih dari 8 juta fraksi. Alhasil, pengguna dapat berinvestasi di CryptoPunks hanya sekitar 10 dolar AS!

Terkait akses eksklusif ke komunitas NFT dan manfaat lain seperti hak suara, itu bergantung pada NFT dan platform tempat F-NFT dibeli.

Lofty AI

Sumber: Lofty AI

Lofty AI merupakan sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk memperoleh kepemilikan sebagian kecil dari properti di Amerika Serikat. Melalui platform ini, investor dapat memperoleh token dalam bentuk pecahan (fraksi) dari properti menggunakan teknologi blockchain Algorand.

Pengguna dapat memilih properti di marketplace Lofty AI dan membeli kepemilikan properti tersebut (F-NFT) dengan minimal 50 dolar AS. Dengan kemudahan tersebut, Lofty memungkinkan investasi properti menjadi sederhana dan dapat dijangkau oleh banyak investor.

Baca juga: Apa itu Real-World Asset (RWA)? Pengenalan pada Tokenisasi Aset Dunia Nyata.

Kelebihan Fractional NFT

Sumber: LeewayHertz
  • Aksesibilitas Ke Aset Mahal: F-NFT memungkinkan individu untuk berinvestasi dalam aset digital yang mungkin terlalu mahal jika dibeli secara keseluruhan. Misalnya, sebuah lukisan digital senilai jutaan dolar bisa dibeli oleh beberapa investor dengan berbagi kepemilikan melalui fraksi.
  • Liquidity dan Perdagangan: Dengan F-NFT yang dapat diperdagangkan, likuiditas meningkat karena token F-NFT dapat dibeli dan dijual di platform liquidity pool seperti Uniswap dan Sushiswap. Ini membuka peluang baru untuk para pedagang dan investor.
  • Insentif Pemilik NFT: Para pemilik NFT yang membagi NFT-nya menjadi beberapa fraksi akan menerima biaya kurator dari platform NFT yang mereka pilih.
  • Koneksi dengan Aset Fisik: F-NFT menghubungkan dunia digital dengan dunia nyata dengan memungkinkan pemilik untuk berinvestasi dalam aset fisik yang diwakili oleh NFT, seperti properti real estate atau barang koleksi fisik.

Tantangan Fractional NFT

Jika pemilik F-NFT ingin mengumpulkan fraksi atau pecahan NFT-nya kembali (rekonstitusi), ia dapat membeli semuanya dari para pembeli. Namun, jika ia gagal mengumpulkannya, maka solusinya adalah dengan lelang pembelian (buyout auction).

Sebelum memecah NFT-nya, pemilik NFT telah menetapkan reserve price yang merupakan harga minimum untuk NFT saat dilelang. Pada buyout auction, calon pembeli harus menawar melebihi harga minimum tersebut.

Pemilik pecahan (F-NFT) saat ini dapat mempertahankan kepemilikannya dengan menawar harga lebih tinggi. Jika tidak, semua pecahan akan bergabung kembali menjadi NFT keseluruhan dan ditransfer kepada pemilik NFT. Solusi ini memungkinkan penemuan harga dan menjaga nilai fractional NFT di pasar.

Selain itu, tantangan lainnya adalah masalah regulasi. Dikutip dari Cointelegraph, regulator dan anggota parlemen di AS dapat memperlambat adopsi F-NFT. Karena F-NFT memungkinkan orang memiliki sebagian kecil dari suatu aset, mereka dapat diklasifikasikan sebagai saham oleh United States Securities and Exchange Commission (SEC).

Kesimpulan

Fractional NFT (F-NFT) memungkinkan pemilik aset NFT untuk membagi kepemilikan NFT menjadi bagian-bagian yang dapat diperdagangkan. Ini menjadikan investasi dalam aset mahal lebih terjangkau dan menghadirkan peluang baru.

NFT populer seperti Doge NFT dan CryptoPunks telah difraksionalisasi, memungkinkan investor ritel berpartisipasi dalam aset yang sebelumnya hanya dapat diakses oleh investor bermodal besar. Namun, tantangan muncul terkait regulasi dan rekonstitusi aset yang difraksionalisasi.

Membeli Aset Crypto di Aplikasi Pintu

Kamu bisa berinvestasi pada aset crypto seperti DOGE, BTC, ETH dan lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Akash Takyar, Fractional NFTs, Leeway Hertz, diakses 29 Agustus 2023.
  2. Anthony Clarke, Fractional NFTs and what they mean for investing in real-world assets, Cointelegraph, diakses 29 Agustus 2023.
  3. Ekin Genc, How Can You Share an NFT? Fractional NFTs Explained, Coindesk, diakses 29 Agustus 2023.
  4. Masterworks Team, What Are Fractional NFTs? (How They Work, Pros & Cons), Masterworks, diakses 30 Agustus 2023.
  5. Adele, Fractionalized NFTs: How to Invest In a Cryptopunk With Only $10, NFT Evening, diakses 30 Agustus 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan