Apa itu Yearn Finance (YFI)?

May 16, 2022
Combined Shape 2
6 Menit
Bagikan
Gambar Apa itu Yearn Finance (YFI)?
Reading Time: 6 minutes

Decentralized Finance (DeFi) merupakan sebuah ekosistem finansial terdesentralisasi di dalam kripto yang dinilai akan mengubah dunia keuangan. Melalui DeFi, pengguna kripto bisa menggunakan berbagai aplikasi finansial untuk mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar daripada institusi finansial konvensional seperti Bank. Banyak aplikasi di dalam DeFi bisa memberikan bunga lebih dari 10% dan bahkan hingga 80%. Salah satu aplikasi DeFi paling populer adalah Yearn.Finance yang sudah ada sejak 2020. Lalu, apa itu Yearn.Finance? Bagaimana cara ia memberikan keuntungan besar bagi penggunanya? Artikel ini akan membahas lengkap tentang Yearn.Finance.

Ringkasan Artikel

  • ⚙️ Yearn Finance adalah sebuah protokol yield aggregator stablecoin yang menghubungkan dana yang kamu simpan dalam Yearn ke aplikasi DeFi lainnya untuk mendapatkan persentase bunga paling besar.
  • 💸 Berbagai produk Yearn Finance bisa memberikanmu persentase keuntungan mulai dari 3-40% tergantung dari level risiko yang kamu pilih.
  • 🚀 Token YFI sempat menjadi token palling mahal dengan harga yang melebihi Bitcoin karena ia memiliki jumlah suplai yang sangat terbatas dan komunitas pengguna yang kuat.

Mengenal Yearn Finance

Yearn.Finance adalah sebuah protokol yield aggregator stablecoin yang berjalan di atas jaringan blockchain Ethereum. Yield aggregator merupakan protokol aplikasi DeFi yang menghubungkan dana yang kamu simpan ke aplikasi DeFi lainnya dalam usaha mencari persentase bunga paling besar. Jadi, semua stablecoin yang kamu simpan dalam kumpulan dana (liquidity pool) Yearn Finance akan diputarkan ke DeFi dengan bunga yang paling tinggi seperti Compund atau AAVE. Pencarian aplikasi DeFi ini dilakukan oleh algoritma Yearn Finance yang secara otomatis mencari keuntungan paling optimal.

Baca juga: Apa itu Decentralized Finance (DeFi)?

Pada Juli 2020, Yearn Finance meluncurkan tokennya sendiri yaitu YFI. Pemiliki token YFI dapat menggunakan tokennya sebagai token governance untuk berpartisipasi menentukan peraturan serta strategi protokol Yearn. Menurut Coinmarketcap, Yearn Finance memiliki kapitalisasi pasar senilai $1,2 milyar dengan harga $33.000 per 1 YFI. Selain itu, YFI memiliki suplai maksimum sebesar 36.666 YFI dengan total TVL $5,7 milyar. Angka ini menempatkan Yearn Finance sebagai aset kripto terbesar ke-81 di dunia.

Sejarah Yearn Finance

Yearn Finance didirikan oleh Andre Cronje pada awal 2020 dengan nama awal iEarn. Andre membuat Yearn Finance karena ia merasa kesulitan saat ingin mendepositkan stablecoin-nya ke dalam aplikasi DeFi yang memberikannya bunga pinjaman paling besar. Protokol Yearn Finance melakukan automasi proses ini dengan automatis mendepositkan dana penggunanya ke dalam DeFi dengan bunga paling menguntungkan.

Pada Juli 2020, Yearn Finance meluncurkan tokennya sendiri yaitu YFI. YFI digunakan sebagai token governance untuk memodifikasi dan mengubah protokol serta strategi setiap kumpulan dana di dalamnya. Selain itu, salah satu hal paling unik dari Yearn Finance adalah ia tidak mengadakan ICO, tidak membagikan koin ke Investor, atau menyimpan koin YFI untuk para pengembang aplikasinya. Pada minggu pertama setelah peluncuran token YFI, dana tersimpan (total value locked) pada Yearn Finance meningkat tajam dari $8 juta menjadi $400 juta.

Andre Cronje tidak mengambil bagian dari token YFI dan semua tokennya didistribusikan kepada komunitas pengguna Yearn Finance. Hal ini merupakan kejanggalan karena kebanyakan protokol DeFi mengumpulkan dana dari investor besar.

Bagaimana cara kerja Yearn Finance

cara kerja yfi yearn finance
Cara kerja Yearn Finance mulai dari mendepositkan stablecoin, mencari protokol DeFi, dan mendapatkan Ytoken. Sumber: Finematics

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Yearn Finance adalah sebuah yield aggregator yang menyambungkan dana deposit penggunanya kepada aplikasi DeFi yang lain seperti AAVE, Compound, dan Curve. Namun, dana yang bisa disimpan dalam protokol Yearn Finance kebanyakan adalah stablecoin seperti USDT, USDC, dan DAI. Aplikasi Yearn Finance lalu mencari bunga untung paling besar dan menyambungkan dana stablecoin yang disimpan di dalam protokolnya.

Kamu akan mendapatkan imbalan dalam bentuk Ytoken yang sesuai dengan dana depositmu (jika kamu memasukkan USDT kamu akan mendapatkan YUSDT). Situs Yearn Finance memberikan tutorial bertahap yang detail untuk menggunakan aplikasinya. Saat ini, Yearn Finance terhubung dengan jaringan blockchain Ethereum dan Fantom sehingga memanfaatkan aplikasi-aplikasi DeFi di dalam keduanya.

Pada awal terbentuk Yearn, strategi protokolnya sangat sederhana karena ia hanya perlu mencari dan menyambungkan dana ke dalam DeFi dengan persentase keuntungan paling besar. Namun, seiring dengan banyaknya orang yang menggunakan Yearn, strategi tersebut tidak lagi bekerja. Penyebabnya adalah jika dana yang dimasukkan ke dalam aplikasi DeFi berjumlah besar, bunganya akan otomatis menurun untuk menyesuaikkan aliran dana yang masuk.

Maka dari itu, Yearn Finance sekarang secara otomatis berhati-hati membagikan dana yang akan dialirkan ke beberapa DeFi agar tidak mengubah bunga yang didapatkan oleh setiap pengguna.

Cara kerja Vault Yearn Finance

cara kerja vault yearn finance
Tampilan fitur Vault dalam Yearn Finance. Sumber: Yearn.Finance

Vault merupakan produk terbaru dari Yearn V2. Finance yang menyimpan serangkaian strategi investasi di dalam sebuah vault atau brankas untuk memaksimalkan keuntungan. Pada dasarnya setiap vault bekerja seperti sebuah tabungan yang memiliki token dan strategi yang berbeda-beda untuk memaksimalkan keuntungan.

Strategi ini merupakan serangkaian tindakan yang dilakukan oleh algoritma Yearn untuk mendapatkan keuntungan maksimal bagi setiap vault menyesuaikan dengan kondisi pasar. Pemegang token YFI memiliki kekuasaan dan kemampuan untuk mengubah strategi dari beberapa vault.

Apa yang bisa kamu lakukan dengan Yearn Finance?

Earn

yang bisa dilakukan dengan yearn finance
Fitur Earn dalam website Yearn V1. Sumber: docs.yearn.finance

Earn adalah fitur lending aggregator yang ada pada protokol Yearn Finance, untuk memastikan pengguna mendapatkan keuntungan maksimal dari mendepositkan dana pada aplikasi pinjam meminjam. Contohnya, kamu mendepositkan DAI pada fitur Earn. Yearn kemudian akan mendepositkan aset kamu pada tiga protokol pinjam meminjam (AAVE, dYdX, Compound).

Yearn akan secara otomatis memilih protokol dengan bunga tertinggi, dan memindahkan aset yang kamu miliki ke platform lain jika terdapat perubahan tingkat bunga. Dengan demikian, pengguna akan selalu mendapatkan bunga yang paling optimal.

Earn merupakan fitur Yearn paling dasar dari Yearn Finance yang bersifat rendah risiko dengan persentase yang cukup stabil sekitar 1-6% tergantung stablecoin yang digunakan.

Zap

Zap merupakan fitur yang mempermudah konversi mata uang kripto yang biasanya kompleks agar bisa dilakukan dalam satu klik di dalam Yearn Finance. Misalnya, jika kamu ingin mengubah USDT yang kamu punya menjadi yCRV, kamu harus menggunakan beberapa platform untuk memindahkan USDT kamu lalu mengubahnya menjadi yCRV di platform Curve. Melalui fitur Zap, kamu bisa melakukannya hanya dengan satu tahap di Yearn Finance. Hal ini mempermudah prosesnya, menghemat waktu, dan juga memotong biaya transaksi. Fitur ini terutama akan sangat bermanfaat untuk kamu yang sering menggunakan aplikasi DeFi dan senang berpindah-pindah platform.

Vault

Vault merupakan produk terbaru Yearn Finance dan paling berisiko dibanding yang lainnya. Namun, produk ini juga memberikan persentase bunga paling tinggi karena kamu bisa memilih sendiri vault yang kamu inginkan. Vault dengan bunga tinggi memanfaatkan strategi kompleks yang dilakukan dalam beberapa platform terpisah.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dari produk vault adalah ia pernah mengalami peretasan pada Februari 2021 yang membuatnya kehilangan $11 juta dolar. Namun, pengembang Yearn Finance sudah memperbaiki celah sistem yang digunakan oleh peretas tersebut dan mengembalikan dana yang hilang dari dana simpanan Yearn.

YFI sebagai investasi

Token bawaan dari Yearn Finance adalah YFI. Seperti yang sudah dijelaskan, YFI merupakan governance token yang berfungsi dalam perubahan terhadap peraturan protokol Yearn dan strategi di dalam vault. Saat ini, token YFI merupakan token paling mahal kedua setelah Bitcoin. Harga YFI yang begitu tinggi salah satunya disebabkan oleh suplai maksimumnya yang hanya 30.000 token. Selain itu, token YFI pada awalnya diberikan kepada pengguna Yearn Finance sendiri yang tidak memiliki insentif untuk menjual.

yfi sebagai investasi
Harga token YFI tahun 2021. Sumber: Coinmarketcap

Namun, tahun 2021 merupakan tahun yang cukup stabil bagi token YFI kecuali pada bulan Mei. Pada pertengahan bulan Mei, token YFI sempat mengalami kenaikan 2x lipat menjadi $80 ribu dolar, melebihi harga Bitcoin. Namun, harganya dengan cepat kembali mengalami koreksi tajam kembali ke level $30 hingga $40 ribu. Saat ini, token YFI sedang mengalami fase akumulasi yang didominasi oleh pergerakan horizontal yang cenderung stabil. Hal ini juga terjadi pada banyak token industri DeFi pada tahun 2021 seperti AAVE dan COMP karena tren dan momentum dunia kripto yang sedang bergeser ke game berbasis blockchain.

Namun, seperti yang kita tahu, dunia kripto mengalami pergeseran tren yang sangat cepat dan tahun 2022 bisa menjadi tahun untuk token industri DeFi seperti YFI yang memiliki fundamental kuat. Meskipun begitu, selalu lakukan analisis teknikal, fundamental, dan pastikan kamu membeli token pada momentum yang tepat sebelum kamu berinvestasi.

Membeli YFI

Kamu bisa mulai berinvestasi dan membeli token YFI di aplikasi Pintu. Melalui Pintu, kamu bisa membeli YFI dan aset kripto lainnya dengan cara yang aman dan mudah.

Selain itu, aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Referensi:

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup
Ari Budi Santosa
Author
Ari Budi Santosa

Bagikan

Artikel Terkait