Manajer Keuangan: Pengertian & Ketrampilan yang Harus Dimiliki

Updated
February 25, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Manajer Keuangan: Pengertian & Ketrampilan yang Harus Dimiliki
Reading Time: 4 minutes

Semua organisasi dapat memperoleh manfaat dari pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manajer keuangan. Manajer keuangan memiliki rentang tanggung jawab yang luas, dan apa yang dilakukan mereka sangat bergantung pada jenis organisasinya.

Dalam bisnis kecil, seorang manajer keuangan mungkin bertanggung jawab atas seluruh operasi keuangan, sementara di perusahaan besar, seorang manajer keuangan mungkin lebih mengkhususkan diri pada aspek keuangan tertentu, seperti pelaporan keuangan atau pengelola kas.

Dalam artikel Pintu kali ini, kita akan mengupas tuntas mulai dari tanggung jawab, keterampilan yang dibutuhkan hingga cara memulai karier untuk menjadi manajer keuangan yang sukses.

Apa itu Manajer Keuangan?

Manajer keuangan adalah seorang akuntan profesional yang bertanggung jawab atas kinerja keuangan perusahaan atau organisasi. Tugas menajer keuangan adalah memberi masukan dan nasihat kepada manajemen atau pejabat perusahaan untuk mengambil keputusan atas pengelolaan dan pengalokasian aset. Manajer keuangan membuat laporan-laporan keuangan terperinci dengan menggunakan beragam neraca.

Baca juga: Apa itu EOQ?

Keterampilan Manajer Keuangan

Keterampilan manajer keuangan adalah keterampilan yang membantu individu dalam peran ini mengawasi perusahaan, termasuk analisis anggaran dan perhitungan laba atas investasi serta keputusan pembelian dan kepegawaian.

Manajer keuangan memberikan analisis data yang akurat dan proposisi strategis untuk menciptakan keuntungan dan mengurangi kerugian. Keterampilan seorang manajer keuangan dibangun dari beragam peran dan tanggung jawab di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memahami dan mengevaluasi skenario arus kas
  • Menganalisa data keuangan
  • Memperkirakan penghasilan dan pengeluaran yang akan datang
  • Memahami dan menerapkan ketentuan kontrak
  • Mengawasi vendor atau kontrak pemerintah
  • Menerapkan kebijakan kepatuhan kontrak
  • Sistem manajemen keuangan yang aman
  • Terapkan matematika tingkat lanjut
  • Menggunakan dan memahami perangkat lunak pemodelan statistik dan spreadsheet

Namun, seorang manajer keuangan juga wajib memiliki soft-skill yang tidak kalah pentingnya seperti berikut:

Kepemimpinan

Manajer keuangan bekerja dengan individu atau sebagai bagian dari tim dan umumnya membawa pondasi yang kuat dari tim keuangan terkemuka. Manajer tahu bagaimana meningkatkan efisiensi dan produktivitas sambil mempertahankan kepercayaan pada kemampuan mereka untuk memajukan perusahaan.

Pemimpin yang efektif menunjukkan kemampuan untuk mengarahkan orang lain dan mendelegasikan tugas. Manajer keuangan yang baik mengambil alih situasi dan membentuk solusi efektif untuk mendorong kepercayaan pada keterampilan kepemimpinan mereka.

Penyelesaian Masalah

Manajer keuangan mahir dalam mengambil tindakan dan mencari solusi, baik itu menganalisis anggaran atau menghitung risiko investasi. Manajer memiliki pemahaman yang mendalam tentang tujuan keuangan perusahaan dan menemukan cara yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut tanpa membahayakan bisnis.

Komunikasi

Tidak semua orang di perusahaan dapat memahami data atau dokumen keuangan yang rumit. Oleh karenanya, manajer keuangan yang efektif harus memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan verbal yang kuat. Mampu menjelaskan rumus atau analisis yang rumit untuk menyajikan informasi dengan cara yang mudah untuk dicerna serta dapat bekerja dengan banyak departemen.

Analisis

Sebagai bagian dari proses pengambilan keputusan, manajer keuangan harus menunjukkan pemikiran logis. Mampu melihat semua opsi untuk menyajikan analisis yang komprehensif dan dapat dipahami serta menggunakan keterampilan analitis saat menulis kontrak, membuat anggaran, dan memperkirakan untung dan rugi.

Kemampuan Interpersonal

Manajer keuangan dapat bekerja sama dengan timnya maupun departemen lain untuk menyelesaikan masalah keuangan, dengan berhubungan baik manajer keuangan mampu memotivasi tim untuk menyelesaikan perhitungan dan analisis dengan efisiensi dan akurasi.

Kemampuan Matematika

Manajer keuangan yang mahir fasih dalam matematika aljabar dan memiliki kemampuan untuk memahami dan membuat rumus, memiliki pengetahuan tentang keuangan internasional dan dapat menguraikan berbagai macam dokumen keuangan.

Berorientasi Pada Detail

Manajer keuangan harus menjaga akurasi saat berhadapan dengan angka, mereka harus membagi perhatian ke banyak fungsi keuangan bisnis, bahkan saat menulis atau menganalisis kontrak, manajer keuangan memerlukan pemahaman tentang hukum dan peraturan domestik maupun internasional.

Organisasi

Manajer keuangan bekerja dengan berbagai dokumen keuangan termasuk spreadsheet, kontrak, perhitungan dan proyeksi, untuk itu diperlukan kemampuan untuk mengatur informasi sesuai kebutuhan.

Keterampilan Teknologi

Seiring kemajuan teknologi dan otomasi memasuki tempat kerja, manajer keuangan mungkin mendapati diri mereka bekerja lebih dari sekedar spreadsheet dan buku besar. Untuk itu, mereka akan merasa nyaman dengan teknologi karena dapat dengan mudah menggunakan program atau aplikasi untuk keuntungan mereka.

Kemampuan Bekerja Secara Mandiri

Manajer keuangan yang sukses tidak membutuhkan banyak pengawasan karena mereka mengerti apa yang harus dicapai dan bagaimana mencapai tujuan perusahaan, bahkan keterampilan kepemimpinan mereka memungkinkan untuk memotivasi orang lain untuk bekerja secara mandiri juga.

Baca juga: Pengertian Nota Kontan

Karier Sebagai Manajer Keuangan?

Karier Sebagai Manajer Keuangan

Menjadi manajer keuangan mungkin merupakan impian banyak orang, namun tidak sedikit yang kebingungan harus memulainya dari mana. Berikut hal yang bisa kamu lakukan untuk memulai karier impianmu menjadi manajer keuangan:

Meningkatkan Pengetahuan Teknologi

Teknologi sudah menjadi bagian besar dari tempat kerja dan terus menunjukkan pertumbuhan yang stabil. Kamu dapat meningkatkan resume mu dengan mengikuti kursus teknologi informasi seperti mempelajari Structured Query Language (SQL) atau alat perencanaan seperti Jira, Accurate, Oracle atau Azure DevOps.

Mendapatkan Gelar yang Lebih Tinggi

Manajer keuangan biasanya memegang minimal gelar sarjana tetapi dapat mempertimbangkan gelar yang lebih tinggi. Gelar yang lebih tinggi akan membuka peluang dalam ekonomi global atau keuangan internasional, terlebih jika kamu memiliki pengalaman dibidang terkait.

Dapatkan Sertifikat atau Lisensi

Mendapatkan sertifikat atau lisensi tidak hanya memberikan kredibilitas pada kualifikasi kamu, tetapi juga menunjukkan komitmen terhadap profesi kamu. PIlihannya meliputi Chartered Financial Analyst (CFA), Certified Treasury Professional, Certified Management Accountant, atau Certified Public Accountant (CPA).

Fokus pada Spesialisasi

Manajer keuangan dapat memilih untuk mempersempit fokus mereka seperti manajemen risiko, treasury, asuransi atau superforecasting.

Usaha Pemasaran Diri

Selain usaha meng-upgrade diri, kamu juga perlu usaha pemasaran diri. Soroti keterampilan manajer keuangan dalam resume kamu. Resume dan surat lamaran idealnya menyertakan contoh dunia nyata dari kualifikasi dan pencapaian kamu. Hal ini bertujuan untuk memberikan bukti bagaimana keterampilanmu bermanfaat bagi pemberi kerja dan menjadikan kamu kandidat terbaik untuk pekerjaan itu.

Mencari Peluang

Yah betul, bagaimana perusahaan akan melihat kamu sebagai kandidat terbaik jika kamu tidak mencobanya. Mulai mencari dan apply resume kamu! Pastikan kamu selalu menyoroti keterampilan manajer keuangan di resume, surat lamaran, bahkan dalam wawancara kerja.

Kesimpulan

Seorang manajer keuangan menjadi ujung tombak bagi perusahaan khususnya pada penanganan hal-hal yang berhubungan dengan keuangan. Mereka dituntut menguasai pemahaman-pemahaman yang dapat memberikan keuntungan maksimal bagi perusahaan. Hal ini yang membuat pendapatan seorang manajer keuangan tidak sedikit dan banyak yang mengincar posisi tersebut. Namun, ingat jangan lupakan keterampilan dan kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi seorang manajer yang sukses.

Kamu juga bisa menemukan informasi lain seputar finansial dan akuntansi di Pintu Blog. Sementara buat kamu yang ingin belajar crypto, aset yang kini tengah diminati banyak orang di seluruh dunia, kamu bisa mengunjungi Pintu Academy tempat mencari berbagai ilmu dasar dan profesional seputar crypto secara gratis.

Referensi:

Emeritus.org, What is Financial Manager, diakses tanggal 1 Januari 2023

Online Degrees, What Does Financial Manager Do, diakses tanggal 1 Januari 2023

Accounting.com, Financial Manager, diakses tanggal 1 Januari 2023

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->