Rasio Utang Terhadap Ekuitas: Rumus dan Cara Hitung

Updated
September 12, 2023
• Waktu baca 2 Menit
Gambar Rasio Utang Terhadap Ekuitas: Rumus dan Cara Hitung
Reading Time: 2 minutes

Pernahkah kamu mendengar istilah rasio utang terhadap ekuitas atau debt to equity ratio? Rasio ini sangatlah penting, terutama bagi kamu yang memiliki bisnis/usaha, atau ingin berinvestasi dalam perusahaan tertentu. Berikut penjelasan lengkapnya!

Apa itu Rasio Utang Terhadap Ekuitas?

Rasio Utang Terhadap Ekuitas adalah salah satu metrik keuangan yang sering digunakan untuk menilai kesehatan keuangan sebuah perusahaan. Rasio ini memberikan gambaran tentang seberapa besar perusahaan mengandalkan utang dibandingkan dengan modal yang dimiliki. Dalam kata lain, rasio ini menunjukkan seberapa besar perusahaan membiayai operasionalnya melalui utang ketimbang dana yang dimiliki.

Baca juga: Apa itu Keunggulan Komparatif?

Fungsi Rasio Utang Terhadap Ekuitas

  1. Transparansi bagi Investor: Dengan menghitung rasio utang terhadap ekuitas, investor dapat memeriksa kesehatan keuangan perusahaan serta likuiditasnya.
  2. Pemahaman Tentang Laba Pemegang Saham: Kamu dapat menentukan apakah perusahaan memiliki utang yang tinggi atau rendah, yang mempengaruhi laba. Ketika laba menurun, demikian pula dividen yang dibagikan kepada pemegang saham.
  3. Informasi untuk Aplikasi Pinjaman: Rasio ini memungkinkan pemberi pinjaman dan kreditur menilai kepercayaan terhadap bisnis kecil terkait aplikasi pinjaman mereka.

Rumus Rasio Utang Terhadap Ekuitas

rumus rasio utang terhadap ekuitas

Rumus dasar untuk menghitung rasio utang terhadap ekuitas adalah dengan membagi total liabilitas perusahaan dengan total ekuitas pemegang saham. Dengan kata lain:

Rasio Utang Terhadap Ekuitas = Total Liabilitas / Total Ekuitas Pemegang Saham

Cara Menghitung Rasio Utang Terhadap Ekuitas

Untuk menghitung rasio ini, kamu memerlukan total liabilitas dan total ekuitas pemegang saham perusahaan. Kedua angka ini dapat ditemukan di neraca perusahaan. Setelah mendapatkan kedua angka tersebut, bagi total liabilitas dengan total ekuitas pemegang saham. Hasilnya adalah rasio utang terhadap ekuitas perusahaan tersebut.

Baca juga: Teori dan Contoh Keunggulan Kompetitif, Sudah Tau?

Berapa Rasio Utang Terhadap Ekuitas yang Baik?

Rasio utang terhadap ekuitas yang optimal cenderung bervariasi tergantung industri. Namun secara umum rasio utang terhadap ekuitas yang baik tidak melebihi 2,0. Meskipun beberapa perusahaan besar di industri tertentu mungkin memiliki rasio di atas 2, ini lebih merupakan pengecualian daripada aturannya.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai rasio utang terhadap ekuitas semoga bermanfaat! Tertarik untuk mengembangkan aset, modal atau ekuitas yang kamu miliki?

Investasi dan trading crypto kini tengah menjadi minat berbagai trader dan investor di seluruh dunia seperti Michael Saylor, CEO dari Microstrategy. Buat kamu yang tertarik untuk berinvestasi crypto secara mudah mulai dari Rp11.000 saja, download Pintu sekarang! Pintu adalah aplikasi crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi secara mudah, kapan saja dan di mana saja.

Referensi:

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->