Rumus Pertumbuhan Ekonomi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Updated
December 9, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Rumus Pertumbuhan Ekonomi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Reading Time: 3 minutes

Sebelumnya, telah dijelaskan mengenai apa itu pertumbuhan ekonomi.  Pertumbuhan ekonomi bisa dijadikan tolak ukur kondisi perekonomian suatu negara. Lalu, bagaimana rumus pertumbuhan ekonomi dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Contoh Masalah Ekonomi Modern, Klasik, Mikro, dan Makro

Rumus Laju Pertumbuhan Ekonomi

rumus laju pertumbuhan ekonomi

Sebenarnya cara mengukur pertumbuhan ekonomi bisa dilakukan secara kualitatif maupun kuantitatif. Akan tetapi, rumus kuantitatif lebih umum digunakan.

Berikut rumus pertumbuhan ekonomi yang umum digunakan:

R= (PDB rt2 – PDB rt1) / PDB rt1 x 100

Keterangan:

  • R adalah pertumbuhan ekonomi (%)
  • PDB rt2 adalah PDB di tahun tertentu.
  • PDB rt1 adalah PDB di tahun sebelumnya.

PDB dihitung sesuai batas wilayah atau teritorial. Artinya, setiap barang maupun jasa yang diproduksi oleh suatu wilayah akan masuk ke dalam perhitungan PDB.

Hasil persentase dari pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di suatu periode bisa dibandingkan dengan periode lain melalui metode kuantitatif.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi

Tentunya, laju pertumbuhan ekonomi di antara suatu negara akan berbeda dengan laju pertumbuhan ekonomi di negara lainnya. Berikut merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Budaya

Faktor pertama adalah budaya. Uniknya, faktor satu ini bisa jadi pendukung laju pertumbuhan ekonomi sekaligus bisa menjadi penghambat. Dampak budaya terhadap pertumbuhan ekonomi tergantung pada jenis budaya yang ada.

Budaya masyarakat yang baik, misalnya seperti kejujuran, etos kerja yang tinggi, dan lain sebagainya tentu bisa meningkatkan produktivitas. Namun sebaliknya, budaya korupsi, malas, dan lain sebagainya justru bisa menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi.

IPTEK

Ilmu pengetahuan serta teknologi yang ada saat ini akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Perkembangan IPTEK yang semakin pesat memberikan dampak positif pada pola kerja, proses produksi, hingga efisiensi sumber daya.

Jika dulunya proses produksi memakan banyak biaya dan waktu, maka proses otomatisasi dapat memangkas kedua hal tersebut. Tentu saja, hal tersebut sangat berdampak positif untuk pertumbuhan ekonomi negara.

Inflasi

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi lainnya adalah inflasi yang ternyata juga bisa berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi negara tertentu. Peningkatan harga produk tentu berpotensi menyebabkan penurunan daya beli yang akan ikut mempengaruhi PDB.

Baca juga: Apa itu Inflasi dan Deflasi?

Sumber Daya Alam (SDA)

Demi meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, sebagian besar negara berkembang sangat mengandalkan ‘harta’ yang dimilikinya, seperti Sumber Daya Alam.

Negara dengan Sumber Daya Alam yang melimpah biasanya akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang lebih pesat. Namun lagi-lagi, hal ini juga sangat bergantung pada kemampuan negara tersebut untuk mengelola dan memanfaatkan Sumber Daya Alam yang mereka miliki.

Sumber Daya Manusia

Bisa dibilang, Sumber Daya Manusia adalah salah satu faktor paling penting untuk pertumbuhan ekonomi suatu negara. Dengan Sumber Daya Manusia yang berjumlah banyak dan berkualitas, ekonomi suatu negara juga akan cenderung bertumbuh.

Sumber Daya Modal

Modal selalu dianggap penting dalam penyelenggaraan seluruh kegiatan pemerintahan sekaligus mendorong bertambahnya hasil produksi. Nah, sumber daya modal ini biasanya diperoleh dari pengelolaan sejumlah modal awal ataupun investasi dari para pemodal asing.

Itu dia penjelasan mengenai rumus pertumbuhan ekonomi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pada dasarnya, pertumbuhan ekonomi suatu negara tidak bisa lepas dari pertumbuhan yang terjadi di dalam masyarakat. Oleh karena itu, faktor penting yang menentukan pertumbuhan ekonomi adalah kualitas hidup masyarakatnya.

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup adalah dengan memahami literasi keuangan yang baik, sebut saja melalui investasi. Salah satu investasi yang sedang banyak diminati masyarakat Indonesia saat ini adalah investasi crypto.

Per 1 Desember 2021 ini, harga bitcoin sebagai salah satu aset crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar bahkan telah mengalami peningkatan harga sebesar 119%.

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto seperti Bitcoin, ETH, dan aset-aset lainnya, download Pintu sekarang!

Referensi:

James Chen. Economic Growth Rate. Diakses 13 November 2021

Jim Woodruff. Factors Affecting Economic Development and Growth. Diakses 13 November 2021

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->