Apa yang Dimaksud Pertumbuhan Ekonomi? 

Updated
December 9, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa yang Dimaksud Pertumbuhan Ekonomi? 
Reading Time: 3 minutes

Pertumbuhan ekonomi di suatu negara sangat erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat. Apa yang dimaksud pertumbuhan ekonomi? Simak pengertian pertumbuhan ekonomi, ciri, dan indikator-indikatornya dalam artikel berikut ini!

Baca juga: 10 Prinsip Ekonomi dan Contohnya

Apa Itu Pertumbuhan Ekonomi?

apa itu pertumbuhan ekonomi

Secara garis besar, pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan nilai dan jumlah produksi berbagai barang maupun jasa di suatu daerah dalam periode waktu tertentu. Nilai tersebut berdasarkan beberapa indikator misalnya kenaikan pendapatan per kapita, pendapatan nasional, menurunnya tingkat kemiskinan, hingga menurunnya jumlah pengangguran.

Di samping itu, pertumbuhan ekonomi bisa diartikan sebagai suatu proses perubahan berkesinambungan menuju situasi perekonomian yang jauh lebih baik. Ekonomi sebuah negara bisa dikatakan tumbuh bila kegiatan ekonomi seluruh masyarakat di dalamnya berdampak langsung pada kenaikan nilai produksi barang maupun jasanya.

Dengan mengetahui nilai pertumbuhan ekonomi, pemerintah bisa membuat perencanaan matang terkait penerimaan dan pembangunan negara. Sementara bagi pelaku usaha, pertumbuhan ekonomi bisa dijadikan acuan untuk merencanakan pengembangan produk.

Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi

Sejumlah ahli berpendapat, ada enam ciri khusus pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Ciri ciri pertumbuhan ekonomi adalah sebagai berikut:

Angka Pertumbuhan Produk dan Penduduk per Kapita

Jumlah produk dan penduduk yang terus mengalami pertumbuhan bisagambar pertumbuhan ekonomimenjadi ciri pertumbuhan ekonomi jika keduanya sama-sama mengalami kenaikan.

Peningkatan Produktivitas Secara Signifikan

Sebuah negara bisa dikatakan produktif jika terdapat peningkatan modal, sumber tenaga, dan juga efisiensi, yang tentunya juga akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi.

Laju Pertumbuhan Struktural Cukup Tinggi

Peningkatan angka pertumbuhan struktural atau yang disebut sebagai transformasi struktural bisa diartikan sebagai bentuk transformasi ekonomi dari pedesaan ke perkotaan, pertanian ke industri yang lebih modern, dari beberapa perusahaan yang awalnya dijalankan secara perseorangan tetapi kemudian bertumbuh menjadi perusahaan besar.

Terjadinya Urbanisasi

Urbanisasi adalah perpindahan suatu penduduk dari desa ke kota atau bisa juga berupa perpindahan dari kawasan kota kecil menuju kota yang lebih besar. Urbanisasi sendiri bisa menjadi penanda terjadinya pertumbuhan ekonomi di suatu negara ataupun wilayah tertentu.

Urbanisasi umumnya mampu meningkatkan angka pendapatan penduduk. Terutama karena adanya perbedaan standar pendapatan antara di desa dengan di kota. Bukan itu saja, tingkat konsumsi penduduk juga bisa menjadi semakin tinggi. Sebab, kawasan perkotaan memiliki biaya hidup lebih tinggi dibandingkan pedesaan.

Ekspansi ke Negara Maju

Ciri-ciri pertumbuhan ekonomi juga bisa ditandai dengan adanya ekspansi dari negara berkembang ke negara-negara maju. Dengan adanya ekspansi, akan terjadi peningkatan pengetahuan dan teknologi. Pendapatan juga akan semakin meningkat, sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Arus Modal dan Sumber Daya antar Negara

Adanya perpindahan modal, barang, hingga sumber daya manusia dari satu negara ke negara lain juga bisa menjadi ciri pertumbuhan ekonomi. Sebab dengan adanya hal tersebut, aktivitas ekonomi juga akan terus mengalami pergerakan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kondisi Ekonomi Tiap Orang Berbeda

Indikator Pertumbuhan Ekonomi

indikator pertumbuhan ekonomi

Pada dasarnya, terdapat tiga indikator dalam menentukan pertumbuhan ekonomi. Ketiga indikator tersebut adalah penurunan tingkat kemiskinan, peningkatan pendapatan nasional dan pendapatan per kapita, serta bertambahnya jumlah tenaga kerja sehingga angka pengangguran menurun. Apabila ketiga indikator tersebut terpenuhi dalam suatu negara, maka pertumbuhan ekonomi sedang bergerak menuju arah positif.

Itu dia penjelasan singkat mengenai apa yang dimaksud pertumbuhan ekonomi. Cukup sederhana, bukan?

Berbicara tentang pertumbuhan ekonomi, salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kamu sendiri adalah melalui investasi.

Belakangan ini, investasi crypto sedang banyak diminati oleh masyarakat. Sebut saja, per Mei 2021 lalu, jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah mencapai 6,5 juta orang dan berhasil melampaui jumlah investor pasar modal di Indonesia.

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading di bidang crypto, download Pintu sekarang! Di Pintu, kamu bisa melakukan jual beli crypto seperti BTC, ETH, Doge, dan lainnya mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Selamat berinvestasi!

Referensi:

Lauren Hua. 7 Indicators Showing Economic Growth. Diakses 13 November 2021

The Investopedia Team. Economic Growth. Diakses 13 November 2021

Wikipedia. Economic growth. Diakses 13 November 2021

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->