Bunga Efektif: Rumus dan Cara Menghitungnya

Updated
September 13, 2023
• Waktu baca 2 Menit
Gambar Bunga Efektif: Rumus dan Cara Menghitungnya
Reading Time: 2 minutes

Ketika kamu berurusan dengan dunia keuangan, terutama dalam hal pinjaman atau kredit, kamu pasti akan mendengar istilah “bunga efektif”. Lantas, apa itu bunga efektif? Apakah menguntungkan bagi peminjam? Simak pengertian dan cara hitungnya dalam artikel berikut ini!

Apa itu Bunga Efektif?

Bunga efektif adalah jenis suku bunga yang perhitungannya berdasarkan pada sisa pokok pinjaman yang belum dibayar. Sehingga, seiring berjalannya waktu dan berkurangnya sisa pokok pinjaman, bunga yang harus kamu bayar pun akan semakin menurun. Ini berbeda dengan bunga flat, yang dihitung berdasarkan jumlah pokok pinjaman awal dan tetap sama selama masa pinjaman.

Baca juga: Perbedaan Cash Loan dan Non Cash Loan, Lebih Bagus Mana?

Rumus Bunga Efektif

rumus bunga efektif

Bunga efektif dapat dihitung dengan rumus:

Bunga Efektif = SP x i x (30/360)

Dimana:

  • SP adalah saldo pokok pinjaman dari bulan sebelumnya.
  • i adalah besaran bunga per tahun (dalam persentase)
  • 30/360 adalah proporsi hari dalam satu bulan terhadap satu tahun

Cara Menghitung Bunga Efektif

rumus dan cara menghitung bunga efektif

Sebagai contoh,

Si A melakukan peminjaman ke bank dengan nilai pokok pinjaman sebesar Rp350 Juta. Dari pinjaman yang ada, Si A dikenakan bunga efektif sebesar 12% per tahun dengan kesepakatan pengembalian pinjaman selama 3 tahun (36 bulan). Dengan menggunakan rumus bunga efektif di atas, maka dapat diperoleh:

Angsuran Bulan 1

Jumlah angsuran: Rp350 Juta / 36 Bulan = Rp9,72 Juta.

Perhitungan bunga efektif: Rp350 Juta x 12% x (30 Hari/360 Hari) = Rp3,5 Juta

Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh kesimpulan bahwa angsuran bunga bulan 1 = Rp9,72 Juta + Rp3,5 Juta = Rp13,22 Juta

Angsuran Bulan 2

Dikarenakan Si A sudah membayar angsuran di bulan 1 sebesar Rp9,72 Juta, dengan demikian saldo pokok yang harus dibayarkan berkurang menjadi Rp340,28 Juta (Rp350 Juta – Rp9,72 Juta).

Dengan begitu, perhitungan untuk bunga efektif bulan kedua adalah Rp340,28 Juta x 12% x (30 Hari/360 Hari) = Rp3,4 Juta.

Dari contoh di atas, bisa dilihat bagaimana bunga efektif biasanya akan berkurang tiap bulannya seiring periode pembayaran di mana jumlah pokok yang dibayar juga semakin berkurang.

Baca juga: Apa itu Collateral dalam Aktivitas Pinjam Meminjam?

Perbedaan Bunga Efektif dan Bunga Flat

AspekBunga EfektifBunga Flat
Cara PerhitunganBerdasarkan sisa pokok pinjamanBerdasarkan pokok pinjaman awal
KelebihanLebih adil dan transparanMudah dihitung dan dianggarkan
KekuranganPerhitungan lebih rumit dan bunga mungkin lebih tinggiJumlah bunga relatif lebih tinggi dan kurang menguntungkan bagi peminjam

Baik itu dalam pinjam meminjam maupun trading, sangat penting untuk memahami proses di baliknya untuk bisa memaksimalkan keuntungan. Buat kamu yang tertarik untuk melakukan trading crypto, salah satu aset yang tengah diminati berbagai tokoh ternama dunia seperti Michael Saylor, download Pintu sekarang!

Di Pintu, kamu bisa trading crypto secara mudah mulai dari Rp11.000 saja, lho! Kamu juga bisa belajar crypto secara gratis di Pintu Academy.

Referensi:

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->