Apa itu Biaya Overhead dan Contohnya?

Updated
April 13, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Biaya Overhead dan Contohnya?
Reading Time: 4 minutes

Seluruh bisnis pasti menghitung biaya yang dikeluarkan rutin setiap bulannya. Terdapat berbagai jenis biaya dan salah satu yang banyak digunakan adalah biaya overhead. Apa itu biaya overhead dan bagaimana cara menghitungnya. Simak artikel berikut untuk info selengkapnya!

Baca juga: Apa itu Konsep Biaya dan Jenis-Jenisnya dalam Akuntansi?

Apa itu Biaya Overhead?

gambar biaya overhead

Dikutip dari laman The Balance, Kindra Cooper mengungkapkan bahwa biaya overhead adalah pengeluaran harian perusahaan yang dianggarkan untuk mengoperasikan bisnis. Overhead Cost (OC) secara tidak langsung berkaitan dengan tingkat output, penetapan harga produk dan layanan, serta aktivitas bisnis.

Sementara itu, Forest Time dari Chron berpendapat bahwa Biaya Overhead Pabrik (BOP) adalah biaya yang secara tidak langsung berkaitan dengan manufaktur produk.

Alicia Tuovila dari Investopedia mengatakan bahwa OC harus dibayarkan secara berkelanjutan terlepas dari berapa besar penjualan dan pendapatan yang diperoleh perusahaan. Besarnya OC berhubungan langsung dengan keberlanjutan, titik impas, dan profitabilitas bisnis.

Biaya overhead harus dikontrol dengan benar karena dicatat dengan lengkap dalam laporan laba rugi perusahaan. Alicia mengungkapkan bahwa overhead kecil memungkinkan peningkatan margin keuntungan yang berdampak positif pada naiknya laba perusahaan.

Sementara itu, Cooper menyebutkan bahwa overhead juga berhubungan langsung dengan leverage operasi bisnis. Biaya ini memberikan gambaran tinggi rendahnya aktivitas yang harus dicapai agar bisnis mencapai titik impas dan mulai menghasilkan keuntungan.

Contoh Biaya Overhead

Bryce Warnes mengklasifikasikan biaya overhead ke dalam lima kategori umum. Beberapa biaya yang termasuk ke dalam overhead adalah sebagai berikut:

Biaya penjualan/pemasaran

Mencakup biaya iklan, pemasangan billboard, biaya izin dan lisensi produk, biaya promosi, gaji hingga komisi staf penjualan dan pemasaran.

Biaya administrasi

Mencakup gaji karyawan, biaya pembukuan dan audit, biaya hukum, dan peralatan kantor.

Biaya penelitian

Meliputi biaya penelitian produk atau pasar baru seperti biaya konsultasi dan pembuatan prototipe.

Biaya transportasi

Meliputi biaya pengiriman produk dan transportasi ketika rapat atau dinas ke luar kota.

Biaya manufaktur

Overhead manufactur yang lebih dikenal sebagai factory overhead merupakan biaya yang dibayarkan untuk menjalankan fasilitas perusahaan.

Berikut adalah beberapa contoh BOP menurut founder Finance Strategists, True Tamplin, yaitu:

  • Pemeliharaan. Misal: sewa, pajak properti, asuransi, utilitas, pemeliharaan peralatan. dan layanan kebersihan
  • Depresiasi aset
  • Peralatan dan suku cadang

Tipe-Tipe Biaya Overhead

tipe-tipe biaya overhead

Menurut tim Corporate Finance Institute (CFI), biaya overhead mencakup biaya tetap, variabel, dan semivariabel. Pengertian dari ketiga jenis overhead cost tersebut dapat kamu simak di bawah ini:

Baca juga: Apa itu Biaya Tetap dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Overhead tetap

Biaya overhead tetap adalah biaya yang jumlahnya sama setiap waktu dan tidak berubah meski aktivitas bisnis mengalami peningkatan atau penurunan. Contoh overhead tetap misalnya biaya sewa aset, asuransi, gaji karyawan, pajak properti, depresiasi aset, dan lisensi pemerintah.

Overhead variabel

Overhead variabel merupakan biaya yang jumlahnya bervariasi tergantung pada tingkat aktivitas bisnis perusahaan. Misalnya saja, ketika aktivitas bisnis tinggi, maka overhead variabel juga akan meningkat. Begitu pula sebaliknya. Rendahnya aktivitas bisnis menyebabkan OV berkurang atau bahkan hilang.

Contoh overhead variabel antara lain biaya pengiriman, perlengkapan kantor, iklan dan pemasaran, layanan konsultasi, biaya hukum, serta pemeliharaan dan perbaikan peralatan.

Overhead semivariabel

Overhead semivariabel adalah kombinasi biaya OV tetap dan variabel. Perusahaan membayar biaya tersebut setiap saat dan mengeluarkan biaya tambahan yang besarnya tergantung pada tingkat aktivitas bisnis.

Contoh biaya overhead semivariabel adalah biaya utilitas seperti air dan listrik, komisi penjualan, dan penggunaan kendaraan.

Cara Menghitung Biaya Overhead

William Adkins mengungkapkan cara menghitung biaya overhead pabrik dalam beberapa langkah berikut.

Buatlah daftar semua pengeluaran bisnis

Pastikan untuk mencatat seluruh pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan, baik yang termasuk overhead cost maupun yang bukan merupakan overhead cost.

Mengkategorikan setiap pengeluaran

Klasifikasikan setiap item dalam daftar pengeluaran bisnis ke dalam biaya langsung dan biaya tidak langsung (overhead). Pengelompokan ini sebenarnya disesuaikan dengan standar perusahaan masing-masing. Namun, kebanyakan pebisnis mengklasifikasikan pengeluaran menjadi biaya langsung dan biaya overhead.

Menjumlahkan seluruh biaya overhead

Penjumlahan overhead cost total biasanya dilakukan dalam rentang waktu setiap bulannya.

Membandingkan biaya overhead dengan penjualan

Menghitung persentase biaya overhead terhadap penjualan memungkinkan pebisnis untuk mengalokasikan biaya dengan tepat saat menetapkan harga dan menyusun anggaran.

Membandingkan biaya overhead dengan biaya tenaga kerja

Perbandingan ini digunakan sebagai perkiraan efisiensi pemanfaatan sumber daya. Semakin rendah persentasenya, maka semakin efektif bisnis dalam memanfaatkan sumber dayanya.

Itu dia penjelasan mengenai apa itu biaya overhead, contoh hingga jenis-jenisnya. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Ingin mengetahui informasi lain seputar, ekonomi, keuangan hingga investasi? Cek selalu artikel terbaru dari Pintu. Pintu adalah aplikasi jual beli crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Per Desember 2021 lalu, jumlah investor crypto di Indonesia telah mencapai 11 juta orang dan melampaui investor pasar modal.

Untuk kamu yang tertarik memulai investasi crypto tapi tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang! Investasi di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Bench. Overhead Costs (Definition and Examples). Diakses pada 16 Februari 2022

Chron. How do I Calculate Overhead Costs? Diakses pada 16 Februari 2022

Corporate Finance Institute. What are Overheads? Diakses pada 16 Februari 2022

Finance Strategists. Factory Overheads. Diakses pada 16 Februari 2022

Investopedia. What is Overhead? Diakses pada 16 Februari 2022

The Balance. What Is Overhead? Diakses pada 16 Februari 2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->