Pengertian, Tujuan, dan Contoh Jurnal Penyesuaian

Updated
September 15, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Pengertian, Tujuan, dan Contoh Jurnal Penyesuaian
Reading Time: 4 minutes

Selain jurnal umum dan jurnal khusus, dikenal juga istilah jurnal penyesuaian yang tidak kalah pentingnya dengan kedua jurnal yang sebelumnya pernah dibahas oleh Tim Pintu. Artikel kali ini akan membahas lengkap tentang pengertian, tujuan, fungsi, dan contoh jurnal penyesuaian.

Pengertian Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang digunakan ketika terdapat transaksi yang dilewatkan oleh perusahaan atau ketika perusahaan keliru mencatat sejumlah informasi sehingga informasi yang tersaji dalam jurnal kurang valid.

Fungsi Jurnal Penyesuaian

Tujuan jurnal penyesuaian yang dilakukan perusahaan adalah untuk memperbaiki apabila seandainya terdapat kekeliuran atau ketidaksesuaian antara transaksi yang ada dengan saldo yang ada, sehingga jurnal penyesuaian diperlukan untuk mencatat nilai yang sebenarnya terjadi.

Selain itu, manfaat jurnal penyesuaian yang paling utama adalah untuk mengatasi kekeliruan yang biasa terjadi karena:

  • Tidak mencatat transaksi pada saat itu juga.
  • Tidak mencatat beberapa transaksi pada periode laporan keuangan.
  • Terdapat penyusutan aset.
  • Beberapa piutang belum tercatat pada periode laporan keuangan.

Jenis-Jenis Jurnal Penyesuaian

Secara umum berdasarkan jenis akunnya, jurnal penyesuaian dibagi menjadi dua jenis, yaitu jurnal penyesuaian berdasarkan akun nominal dan akun riil.

Jurnal Penyesuaian Berdasarkan Akun Nominal

Jenis jurnal ini terdiri dari dua jenis akun, yaitu akun pendapatan dan beban yang perlu disesuaikan di akhir periode, gunanya adalah untuk menunjukkan saldo yang benar-benar menjadi beban atau pendapatan pada periode tersebut.

Terdapat dua jenis pos berdasarkan akun nominal, yaitu pos defferal dan pos akrual.

Beberapa contoh transaksi yang termasuk pos defferal adalah pendapatan diterima di muka, biaya dibayar di muka, dan biaya penggunaan perlengkapan.

Sementara contoh transaksi yang termasuk pos akrual adalah pendapatan yang masih akan diterima dan biaya yang masih perlu dibayar.

Baca juga: Ini 5 Jenis Akun dalam Akuntansi yang Paling Sering Digunakan

Jurnal Penyesuaian Berdasarkan Akun Riil

Sementara itu, jurnal penyesuaian berdasarkan akun riil terdiri dari akun kewaiban dan akun aset,

Beberapa contoh transaksi yang termasuk ke dalam akun kewajiban adalah utang bunga dan gaji. Sementara contoh transkasi yang masuk ke dalam akun aset adalah depresiasi gedung serta peralatan.

Baca juga: Cara Melakukan Revaluasi Aset Secara Tepat

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian

Membuat jurnal penyesuaian pun sebenarnya tidak terlalu rumit. Berikut beberapa informasi yang bisa membantu kamu membuat jurnal penyesuaian yang tepat.

Contoh Format dan Template Jurnal Penyesuaian

Format untuk pembuatan jurnal penyesuaian sama dengan format jurnal umum, yang mana terdiri dari tanggal, keterangan, ref, debet, dan kredit.

template jurnal penyesuaian

(Sumber: Buku Akuntansi Dasar)

Keterangan:

  1. Diisi dengan tanggal pembuatan jurnal penyesuaian.
  2. Diisi dengan nama akun yang dikredit atau didebitkan untuk masing-masing transaksi dalam penyesuaian.
  3. Diisi dengan nomor akun.
  4. Diisi dengan nominal uang yang didebet.
  5. Diisi dengan nominal uang yang dikredit.

Rumus Jurnal Penyesuaian

Sementara untuk rumus jurnal penyesuaian, sebenarnya tidak ada rumus khusus yang digunakan. Apabila kamu membuat jurnal penyesuaian dengan menggunakan Ms. Excel, maka kamu bisa menggunakan rumus SUM untuk menjumlahkan nominal pada kolom debet dan pada kolom kredit untuk memastikan bahwa nominal keduanya sama. Format rumus SUM adalah = SUM (sel awal : sel akhir).

Contoh Jurnal Penyesuaian

Untuk bisa lebih memahami rumus dan template jurnal penyesuaian di atas, simak contoh jurnal umum dari perusahaan Tanjung Plaza Consultant berikut.

contoh jurnal penyesuaian

(Sumber: Buku Pengantar Akuntansi 1)

Dari beberapa transaksi di atas, terdapat beberapa transaksi yang perlu disesuaikan melalui jurnal penyesuaian. Berikut merupakan contoh jurnal penyesuaian yang dimiliki oleh Tanjung Plaza Consultant pada rentang periode berikut.

Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

contoh jurnal penyesuaian pendapatan diterima di muka

(Sumber: Buku Pengantar Akuntansi 1)penger4t

Pendapatan yang diterima di muka pada neraca saldo di jurnal umum Rp9.000.000 untuk jangka waktu 3 bulan. Artinya, TPC baru menyelesaikan kerjanya di bulan Januari. Sehingga, perlu diakui adanya pendapatan sebesar Rp3.000.000 [Rp9.000.000/3] pada bulan Januari.

Jurnal Penyesuaian Pendapatan yang akan Diterima

contoh jurnal penyesuaian pendapatan yang akan diterima

(Sumber: Buku Pengantar Akuntansi 1)

Pada tanggal 4 Januari, pihak TPC telah memberikan les akuntansi dengan biaya sebesar Rp1.500.000. Ternyata, hasil dari les tersebut lupa untuk dicatat dan akan diakui sebagai pendapatan. Sehingga, TPC membuat jurnal penyesuaian seperti yang tercantum pada contoh jurnal penyesuaian di atas.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai pengertian, tujuan, dan contoh jurnal penyesuaian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu, ya!

Kamu bisa menemukan informasi lainnya seputar dunia finansial dan keuangan di Pintu Blog. Pintu adalah aplikasi crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Dilengkapi dengan tampilan yang simpel dan mudah digunakan, Pintu juga menyediakan berbagai fitur yang cocok untuk investor pemula seperti Pintu Earn yang memberikan bonus tahunan hingga belasan persen per tahun serta Pintu Academy sebagai tempat belajar crypto secara gratis.

Download Pintu sekarang di App Store dan Play Store kamu masing-masing

Referensi:

Faiz dan Nabella, Akuntansi Pengantar I. Diakses tanggal: 31-12-21.

Mujairimi, Pengantar Akuntansi 1. Diakses tanggal: 31-12-21.

Sri dan Yatimatun, Akuntansi Dasar. Diakses tanggal: 31-12-21.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->