Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, ekonomi kreatif adalah sebuah istilah yang digunakan dalam ekonomi global untuk menggambarkan pekerjaan langsung atau tidak langsung dalam industri kreatif.
Berikut ini adalah upaya untuk meningkatkan ekonomi kreatif yang bisa dilakukan pemerintah maupun kalangan terkait.
Insentif adalah bonus atau kompensasi yang diberikan pihak tertentu. Dalam upaya meningkatkan ekonomi kreatif, pemerintah perlu memberikan insentif. Tujuan insentif adalah untuk mempermudah para pelaku usaha ekonomi kreatif mengembangkan kegiatanya.
Ada banyak jenis insentif yang bisa diberikan. Sejauh ini dalam hal keuangan, pemerintah setidaknya telah memberikan lima jenis insentif. Antara lain:
Selain itu, ada beberapa intensif lain yang diberikan kepada pelaku usaha, antara lain:
Pembuatan roadmap ekonomi kreatif melibatkan lembaga pemerintah dan kalangan swasta. Tugas pemerintah adalah menyiapkan sebuah roadmap supaya ekonomi kreatif dapat berjalan dengan baik dan menuju kearah yang maju dan berkembang.
Roadmap dibuat dengan cara menyusun program komprehensif untuk menggerakkan ekonomi kreatif ke arah pengembangan. Dengan menyusun roadmap, mulai dari sumber daya manusia, desain, kualitas, pasar dapat terbangun dan bergerak dengan tujuan yang jelas dan terarah.
Upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif bisa dilakukan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan. Tujuan adanya pelatihan ekonomi kreatif adalah untuk memberi bekal berupa pemahaman dan pendidikan tentang ekonomi kreatif. Sehingga, para pelaku usaha dapat mengembangkan ide mereka dengan benar.
Beberapa bentuk pelatihan dan juga dukungan yang dilakukan pemerintah sebagai upaya meningkatkan ekonomi kreatif adalah:
Dengan mengadakan pelatihan ekonomi kreatif, maka pelaku usaha akan mampu meningkatkan ekonomi kreatif di Indonesia.
Produk ekonomi kreatif merupakan produk yang rawan ditiru oleh orang lain. Hal ini karena produk yang dihasilkan bersumber dari kreativitas, ide, inovasi, dan pengetahuan manusia.
Maka, upaya meningkatkan ekonomi kreatif yang dapat dilakukan oleh pemerintah adalah memberikan perlindungan hukum kepada semua produk yang dihasilkan pelaku ekonomi kreatif. Contohnya adalah Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI).
Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ekonomi kreatif selanjutnya adalah mempersiapkan investor. Dalam sebuah bidang usaha, investor merupakan bagian yang sangat diperlukan.
Ekonomi kreatif dapat meningkat dengan cepat apabila terdapat investor yang siap mengeluarkan dananya untuk pengembangan usaha. Pemerintah dapat menarik perhatian investor dengan melakukan strategi promosi usaha secara intensif
Baca juga: Daftar 10 Investor Terkaya di Indonesia dan Dunia
Salah satu upaya meningkatkan ekonomi kreatif lainnya adalah dengan menganalisis faktor-faktor yang menentukan keberhasilan usaha termasuk dalam upaya meningkatkan ekonomi kreatif. Faktor keberhasilan tersebut, antara lain:
Upaya meningkatkan ekonomi kreatif tentunya tidak terlepas dari seni. Kreativitas itu sendiri berasal dari seni seseorang. Oleh karena itu, harus ada keragaman seni di masyarakat sehingga setiap orang dapat meningkatkan ekonomi kreatif.
Membuat teknologi atau menciptakan penemuan baru adalah upaya untuk meningkatkan ekonomi kreatif. Dengan teknologi canggih membuat para konsumen tertarik, sehingga mendukung bisnis agar semakin maju dan ekonomi kreatif semakin meningkat.
Para pelaku usaha cenderung memiliki pengetahuan di bidangnya masing-masing. Mereka membangun bisnis dengan mengajarkan keterampilan yang telah mereka pelajari dan mempraktekkannya. Keterampilan ini bisa termasuk soft skill seperti negosiasi, interaksi, dan komunikasi.
Upaya meningkatkan ekonomi kreatif selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat produk. Produk-produk yang dimaksudkan bisa berupa grafik, desain, dan lain-lain. Jika seorang pelaku usaha dapat membuat produk yang menarik, maka otomatis akan ikut meningkatkan ekonomi kreatif.
Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan pemerintah maupun perusahaan sebagai bentuk upaya meningkatkan ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif memiliki pangsa pasar yang terus berkembang. Oleh karena itu, inovasi dan pengetahuan juga perlu terus dikembangkan.
Berbicara tentang investor dan investasi, belakangan ini investasi crypto sedang diminati banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, aplikasi Pintu siap membantumu!
Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti dan menyediakan berbagai fitur yang bisa memudahkan aktivitas investasi dan trading kamu, yaitu:
Tunggu apalagi, download Pintu sekarang!
Referensi:
Accessventures. What Is The Creative Economy?. Diakses tanggal: 27-02-2022.
Celine (CX) Roque. 7 Business Ideas to Make Money in the Creative Economy. Diakses tanggal: 27-02-2022.
Portaledukasi. Ekonomi Kreatif. Diakses tanggal: 27-02-2022.
Rochmat Aldy Purnomo, S.E., M.Si. Ekonomi Kreatif: Pilar Pembangunan Indonesia. Cetakan Pertama, 2016. Surakarta.