Apa Itu Pancakeswap (CAKE)?

May 11, 2022
Combined Shape 2
7 Menit
Bagikan
Gambar Apa Itu Pancakeswap (CAKE)?
Reading Time: 7 minutes

Pertukaran kripto tersentralisasi (CEX) merupakan pemain penting yang mendominasi industri kripto di beberapa tahun terakhir. Aplikasi-aplikasi CEX mempermudah pengguna baru memasuki dunia kripto. Namun, bagi beberapa pengguna kripto, CEX tidak sesuai dengan prinsip dasar desentralisasi dari cryptocurrency yang memberikan penggunanya kendali penuh atas aset yang dimilikinya. Maka dari itu, beberapa orang dari komunitas kripto menciptakan pertukaran kripto terdesentralisasi (DEX) sebagai alternatif terhadap CEX. Salah satunya adalah PancakeSwap. Lalu, apa itu PancakeSwap (CAKE)? Apa perannya dan bagaimana cara menggunakannya? Artikel ini akan membahas PancakeSwap secara lengkap.

Ringkasan Artikel

  • ūü™ô PancakeSwap adalah sebuah pusat pertukaran terdesentralisasi atau decentralized exchange (DEX) yang memungkinkan penggunanya menukarkan berbagai aset kripto tanpa pihak ketiga dan bersifat non-custodial.
  • ūüíĽ PancakeSwap adalah sebuah DEX yang memanfaatkan teknologi automated market makers (AMM) untuk menyesuaikan antara 2 pihak yang ingin menukarkan aset kripto. Dalam sebuah AMM, pertukaran aset kripto memanfaatkan kumpulan likuiditas/liquidity pool yang diisi oleh pengguna. Pengguna yang menyimpan aset kriptonya di dalam kumpulan likuiditas akan mendapatkan insentif dari biaya trading.
  • ūü§Ď Kamu bisa memanfaatkan berbagai produk finansial seperti farming, staking, menjadi LP, dan mengikuti lotre. Skema insentif PancakeSwap merupakan salah satu yang paling menguntungkan kalau kamu berani mengambil resiko untuk menggunakannya.
  • ‚öĖÔłŹ Token CAKE adalah token utilitas dari PancakeSwap yang diberikan gratis sebagai imbalan kepada pengguna yang menjadi LP dan memanfaatkan farming. Peran CAKE yang diberikan sebagai imbalan menciptakan sell pressure tinggi di mana kebanyakan pemilik token CAKE menjual atau menukarkannya menjadi aset kripto lain.

Apa Itu PancakeSwap (CAKE)?

PancakeSwap (CAKE) adalah sebuah pusat pertukaran terdesentralisasi atau decentralized exchange (DEX) yang memungkinkan penggunanya menukarkan berbagai aset kripto tanpa pihak ketiga dan bersifat non-custodial. Artinya, semua transaksi langsung terjadi antarpengguna dan Platform tidak menyimpan dana pengguna selagi transaksi berlangsung. PancakeSwap berjalan menggunakan smart-contract yang dibangun di atas Binance Smart Chain (BSC). Aset kripto bawaan dari platformn ini adalah CAKE.

PancakeSwap dibangun dari kode dasar UniSwap, DEX pertama dan paling populer di jaringan Ethereum. Maka dari itu, ia memiliki cara penggunaan yang mirip dengan UniSwap namun ditambahkan dengan berbagai modifikasi agar terasa berbeda. Ia adalah salah satu bagian dari gelombang baru aplikasi DeFi mengikuti UniSwap yang memungkinkan pengguna bertransaksi secara terdesentralisasi.

Baca juga: Apa itu Decentralized Finance (DeFi)?

Menurut DeFiLlama, PancakeSwap menjadi salah satu aplikasi DEX terbesar di Binance, dengan total value locked (TVL) sebesar $6,18 milyar dolar. Meskipun ia relatif baru, angka TVLnya hanya berbeda $1 milyar dolar dengan UniSwap yang memiliki TVL $7,41 milyar dolar. PancakeSwap berhasil menarik banyak pengguna karena ia memiliki banyak kegunaan di luar sekedar menukarkan aset kripto

Sejarah PancakeSwap

PancakeSwap diciptakan oleh beberapa pengembang anonim di BSC. Mereka meluncurkan Protokol ini pada September 2020. Peluncuran ini terjadi di tengah-tengah puncak antusiasme DeFi yang sekarang dikenal sebagai ‚ÄúDeFi Summer 2020.‚ÄĚ Masa-masa ini ditandai dengan kepadatan jaringan dan harga biaya transaksi Ethereum yang menjadi sangat mahal. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh PancakeSwap yang menawarkan biaya transaksi murah, proses transaksi cepat, dan biaya penukaran aset yang lebih rendah daripada UniSwap.

Semua fitur ini membantu PancakeSwap menarik banyak pengguna ke platformnya. Bahkan, hanya 8 bulan sejak peluncurannya, TVL PancakeSwap mencapai $7.5 milyar dolar. Kini, ia sudah menjadi salah satu aplikasi DEX terbesar dalam industri kripto yang menawarkan berbagai produk DeFi.

Bagaimana cara kerja PancakeSwap

PancakeSwap bukanlah sebuah blockchain, ia adalah smart-contract yang dibangun di atas BSC. BSC sendiri adalah blockchain berbasis proof-of-stake (PoS) dengan kapabilitas Ethereum Virtual Machine (EVM) yang memungkinkan perpindahan aplikasi dari Ethereum dilakukan dengan mudah. Lebih lanjut lagi, karena ia berbasis jaringan PoS, BSC dapat memproses transaksi secara cepat dengan biaya yang cukup murah. Hal inilah yang membuat PancakeSwap lebih unggul daripada UniSwap. Semua transaksi platformnya dapat dilakukan secara cepat tanpa harus khawatir terhadap kepadatan jaringan di BSC.

Pasangan aset kripto paling populer di PancakeSwap. Sumber: CMC

PancakeSwap adalah sebuah DEX yang memanfaatkan teknologi automated market makers (AMM) untuk menyesuaikan antara 2 pihak yang ingin menukarkan aset kripto. Sistem AMM ini diperlukan karena sebuah DEX tidak menggunakan pihak ketiga yang mengatur pertukaran aset antara pihak pembeli dan penjual. Dalam sebuah AMM, pertukaran aset kripto memanfaatkan kumpulan likuiditas/liquidity pool yang diisi oleh pengguna. Pengguna yang menyimpan aset kriptonya di dalam kumpulan likuiditas akan mendapatkan insentif dari biaya trading.

Baca juga: Apa itu Binance?

PancakeSwap sendiri membebankan biaya transaksi 0,25% pada setiap trading, di mana 0,17% didistribusikan kepada pengisi LP, dan 0,03% dikirim ke perbendaharaan platform sebagai pendapatan.

Baca: Semua informasi tentang PancakeSwap bisa dilihat disini

Apa yang bisa kamu lakukan di PancakeSwap?

Hal paling dasar yang bisa kamu lakukan di PancakeSwap adalah swap atau menukarkan aset kripto. Kamu bisa menukarkan semua jenis token BEP-20 yang terdaftar di Binance. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan token lain asalkan ia sesuai dengan standar BEP-20. PancakeSwap dapat memproses penukaran aset kripto secara instan dengan proses yang sederhana dan mudah dilakukan.

Baca juga: Perbedaan BEP2 dan BEP20

Menjadi liquidity provider

Penyedia likuiditas atau liquidity provider (LP) dapat mengunci token mereka pada satu pasang aset kripto (misalnya CAKE-BNB) untuk mendapatkan imbalan dari platform PancakeSwap. Imbalan ini datang dalam dua bentuk yaitu token LP dan imbalan dari biaya transaksi di dalam pasangan aset kripto yang kamu simpan. Imbalan dari biaya transaksi secara otomatis masuk ke dalam asetmu dan dapat ditarik kapan saja.

ūüí° Salah satu resiko menjadi LP adalah adanya impermanent loss.

Impermanent loss adalah kerugian yang kamu alami saat menyimpan aset kripto di dalam AMM ketika dibandingkan dengan menyimpannya dalam dompet digital (seperti MetaMask).

Sementara itu, token LP yang didapatkan bisa kamu putarkan di bagian farm. Dari sini, PancakeSwap memberikan berbagai pilihan agar kamu bisa mengumpulkan keuntungan tambahan dari beberapa skema yang ada.

Yield farming

Halaman farm dari pancakeswap v2 memungkinkanmu untuk mendapatkan token CAKE dari token LP yang kamu punya.
Halaman farm dari PancakeSwap.

Farming adalah tahap lanjutan dari menjadi LP karena kamu hanya bisa melakukannya jika mendapatkan token LP. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari melakukan yield farming pada PancakeSwap. Kamu melakukan farming dengan mengunci token LP yang kamu miliki dan mendapatkan imbalan dalam bentuk token CAKE. Kamu hanya bisa melakukan farming di pasangan aset kripto yang sesuai dengan LP yang kamu miliki (jika kamu menjadi LP CAKE-BNB jadi hanya bisa melakukan farming di pasangan CAKE-BNB).

Salah satu aspek menarik dalam farming PancakeSwap adalah multiplier. Multiplier adalah Bobot hadiah mewakili jumlah hadiah CAKE yang didapat setiap pasangan aset farm. Misalnya, angka multiplier 1 berarti farm tersebut mendapatkan 1 CAKE per blok, maka multiplier 40 berarti mendapatkan 40 CAKE per blok. Perhitungan multiplier sudah termasuk dalam persentase APR yang ditampilkan. Pasangan aset dengan APR paling tinggi adalah CAKE-BNB karena ia juga berperan memberikan likuiditas bagi seluruh jaringan.

Staking CAKE

Syrup pool adalah halaman staking pada PancakeSwap v2 yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan token CAKE tambahan atau melakukan staking CAKE untuk mendapatkan token lain.
Halaman staking PancakeSwap.

Tahap selanjutnya saat kamu sudah mendapatkan CAKE dari LP dan farming adalah melakukan staking di bagian Syrup Pool. Berbeda dengan staking biasa, kamu juga bisa menggunakan CAKE untuk mendapatkan token lain dengan APR yang cukup tinggi. Staking memberikanmu pilihan mendapatkan keuntungan tambahan dari PancakeSwap dan juga membantu keamanan jaringan. Selain itu, semua CAKE yang kamu dapatkan dari staking akan secara otomatis diputarkan kembali ke dapat sistem staking karena ia bisa ditarik kapanpun tanpa dikunci.

Mengikuti undian PancakeSwap

Terakhir, salah satu fitur unik PancakeSwap yang membedakannya dengan aplikasi DEX seperti UniSwap adalah produk finansial yang dibangun seperti game. Salah satunya adalah lotre. Kamu perlu menggunakan 1 CAKE sebagai tiket untuk mengikuti lotre. CAKE yang digunakan untuk membeli tiket akan dimasukkan ke dalam kumpulan hadiah lotre. Untuk saat ini ada empat nomor acak pada setiap tiket lotere. Saat undian, selama tiket lotre cocok dengan minimal dua nomordalam urutan yang benar, pengguna akan memenangkan hadiah. Hadiah lotre saat ini (25 April 2022) adalah 20,037 CAKE. Lebih lanjut lagi, pada setiap ronde lotre sejumlah CAKE akan selalu dibakar dan ronde ini akan membakar 4.000 CAKE.

Apa yang membuat PancakeSwap unik?

  • ūüŹéÔłŹ Biaya dan kecepatan transaksi: Jaringan Binance Smart Chain (BSC) menjamin proses transaksi yang cepat dan juga murah.
  • ūüĆÉ Produk beragam: PancakeSwap bukan DEX biasa yang hanya menawarkan jasa pertukaran aset kripto. Ia memiliki berbagai produk finansial yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan keuntungan melalui berbagai macam skema.
  • ūüéģ Gamifikasi pengalaman pengguna: Beberapa produk PancakeSwap melakukan gamifikasi dengan memanfaatkan skema game seperti adanya kompetisi trading dan undian berkala.
  • ūüĖľÔłŹ Koleksi NFT PancakeSwap: PancakeSwap memiliki berbagai macam koleksi NFT spesial dengan karakter kelinci dan sejenisnya dalam sebuah pasar digital yang terintegrasi di platformnya. Kamu bisa membeli koleksi ini secara normal atau mendapatkannya secara gratis dalam acara khusus.

CAKE sebagai investasi

Grafik harga CAKE sejak 2021.

CAKE adalah aset kripto bawaan dari PancakeSwap yang berfungsi sebagai token governance dan dalam berbagai produk platform. Melihat grafik harga, kita bisa melihat bahwa per Mei 2022 CAKE masih dalam tren penurunan yang terjadi sejak September 2021, setelah mencapai harga tertinggi pada bulan Mei sebelumnya. Penurunan ini kemungkinan terjadi akibat kondisi pasar kripto yang sedang buruk dan juga sifat token CAKE yang bersifat inflasioner. Token CAKE merupakan aset kripto yang diberikan kepada pengguna sebagai insentif hasil dari farming. Maka dari itu, hal ini secara natural menciptakan sell pressure di mana kebanyakan pemiliknya langsung menjual atau menukarkannya dengan aset lain.

Dengan token CAKE yang masih mengalami tren penurunan sejak September 2021, kamu perlu berhati-hati sebelum membelinya. Akan tetapi, kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan platformnya. Saat ini PancakeSwap pun sudah menjadi salah satu protokol DEX paling besar. Meskipun begitu, kamu perlu mengetahui resiko yield farming dan menjadi LP sebelum mencobanya. Dengan tampilannya yang sederhana, PancakeSwap ramah pengguna dan mudah digunakan. Selalu lakukan riset sendiri sebelum membeli aset kripto atau pun menggunakan aplikasi DEX.

Membeli Coin CAKE

Saat ini, token PancakeSwap (CAKE) sudah bisa kamu beli di aplikasi Pintu. Melalui Pintu, kamu tidak hanya bisa membeli CAKE, tapi juga Bitcoin, serta koin lainnya dengan aman dan mudah.

Selain itu, aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Ari Budi Santosa
Author
Ari Budi Santosa

Topik

Bagikan

Artikel Terkait