Pintu Blog
/
Crypto dan Blockchain
/
Gimana Cara Trading Crypto? Yuk, Pelajari di Artikel Ini!...
Gimana Cara Trading Crypto? Yuk, Pelajari di Artikel Ini!
Combined Shape 2
2 Menit
Bagikan
Reading Time: 2 minutes

Beberapa tahun belakangan, investasi cryptocurrency cukup populer di kalangan para trader. Bitcoin merupakan salah satu aset crypto yang saat ini memiliki harga tertinggi dan diminati banyak orang. Sayangnya, meski banyak yang tertarik tidak semua tahu bagaimana cara trading crypto yang tepat.

Apa Itu Trading

Sebelum mempelajari tentang bagaimana cara trading crypto, ada baiknya kita ketahui dulu apa arti trading sebenarnya. Pada dasarnya, trading merupakan aktivitas pertukaran barang atau jasa dari satu pihak ke yang lainnya. Praktik trading paling sederhana adalah barter.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Bitcoin? Ketahui Penjelasan Singkatnya di Artikel Ini!

Begitu mata uang diperkenalkan, trading atau yang dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah perdagangan identik dengan profit sebagai hasilnya. Dalam proses trading ada penawaran dan permintaan. Contoh trading semacam ini adalah praktik jual beli konvensional yang bisa ditemukan di pasar atau toko.

Misalnya, Anwar merupakan perajin sandal. Untuk modal usahanya, Anwar mengeluarkan dana sekitar Rp400.000 yang membuatnya mendapatkan 10 pasang sandal. Kemudian Anwar menjual sandal di toko dan selama sebulan, sekitar lima pasang sandal yang masing-masing dihargai Rp100.000 berhasil terjual.

Dari hasil trading tersebut, Anwar mendapatkan pemasukan sebesar Rp500.000 dan keuntungan sebesar Rp100.000 dari modal awal meskipun produk sandalnya belum terjual semua. Dalam aplikasinya di dunia digital, praktik trading lebih rumit dan mengacu pada kegiatan jual beli di pasar ekuitas dan juga cryptocurrency.

Pelaku trading semacam ini dikenal dengan trader. Dalam dunia digital, trading bisa ditemukan dalam bentuk perdagangan saham, forex, ataupun valas (mata uang asing). Seiring berkembangnya teknologi, trading berkembang ke praktik jual beli aset crypto.

Perbedaan Trading dan Investasi

Kata trading kerap disandingkan dengan istilah investasi. Inilah mengapa banyak orang masih bingung dengan kedua istilah tersebut, jadi banyak pemula yang menyebut aktivitas trading mereka sebagai salah satu bentuk investasi. Perbedaan trading dan investasi sebenarnya sangat sederhana.

Jika trading bertujuan menghasilkan keuntungan dari praktik jual beli produk investasi, maka investasi adalah praktik menciptakan peluang kekayaan jangka panjang melalui pembelian suatu produk dan menahannya (tidak menjual) dalam waktu lama.

Misalnya, hari ini kamu membeli sebuah saham dan berencana menjualnya sebelum pasar tutup untuk mendapatkan keuntungan, maka praktik yang dilakukan disebut trading. Tapi jika kamu membeli dan tidak menjual saham itu selama 10 tahun sampai nilainya naik dan dianggap menguntungkan, maka kamu sedang berinvestasi.

Hal serupa juga berlaku pada cara trading crypto. Bedanya, bentuk dan platform yang digunakan berbeda dari kebanyakan trading. Beberapa jenis crypto bahkan memiliki volatilitas yang tinggi. Meskipun begitu, dengan teknik dan ilmu yang tepat, trading crypto dapat dilakukan.

Cara Trading Crypto di Pintu

Seperti kebanyakan trading, praktik jual beli mata uang crypto bisa dilakukan secara online melalui platform tepercaya. Di Indonesia, indikasi suatu platform tepercaya atau tidak dilihat dari statusnya. Apakah platform tersebut sudah terdaftar di BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) atau belum.

Baca Juga: Fitur Google Authenticator Sudah Tersedia di Pintu

Pintu merupakan salah satu platform yang sudah terdaftar di Bappebti sehingga legalitasnya terjamin. Selain bisa melakukan trading, pengguna juga bisa menggunakan fitur DCA atau Dollar Cost Averaging apabila berencana untuk menyimpan dalam jangka panjang.

Dengan desain aplikasi dan user interface yang mudah, Pintu menawarkan trading yang anti ribet melalui smartphone. Tertarik untuk mengaplikasikan cara trading crypto di atas? Pastikan kamu mengunduh aplikasi Pintu di sini, ya. Semoga bermanfaat.

Bagikan
Artikel Terkait

Aplikasi Jual/Beli Bitcoin dan Crypto.

Mudah. Praktis. Instan.

Download Aplikasinya sekarang
Terdaftar dan Diawasi
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.