Apa itu Obligasi dan Jenis-Jenisnya?

Updated
October 13, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Obligasi dan Jenis-Jenisnya?
Reading Time: 4 minutes

Obligasi menjadi salah satu pilihan investasi selain saham yang banyak digunakan karena risiko obligasi dinilai lebih kecil dibandingkan risiko investasi saham. Artikel kali ini akan membahas lengkap tentang apa itu obligasi, karakteristik dan jenis-jenisnya.

Apa itu Obligasi?

Obligasi adalah sumber pendanaan bagi pemerintah atau perusahaan berupa surat utang jangka panjang yang diterbitkan dengan nilai tertentu dan waktu jatuh tempo tertentu.

Obligasi menjadi salah satu jenis investasi yang diminati banyak pemodal karena investasi ini bisa memberikan pendapatan pasif yang berasal dari bunga obligasi.

Baca juga: Psst.. Ini Cara Mendapatkan Passive Income dari Crypto

Keuntungan Obligasi dan Manfaatnya

keuntungan dan manfaat obligasi

Salah satu keuntungan utama melakukan investasi obligasi adalah karena tingkat risiko obligasi yang relatif rendah dibandingkan investasi lainnya seperti saham. Secara spesifik, berikut manfaat obligasi bagi berbagai pihak.

Manfaat Obligasi Bagi Emiten

Bagi emiten, obligasi bermanfaat sebagai alternatif pendanaan yang cukup murah jika dibandingkan kredit bank atau pinjaman sejenis ditambah posisi kepemilikan perusahaan yang tidak berubah.

Manfaat Obligasi Bagi Investor

Bagi investor, obligasi merupakan alternatif investasi yang aman karena investor akan menerima bunga obligasi secara teratur dengan tingkat bunga kompetitif sebagai pendapatan pasif.

Baca juga: Cara Menjadi Sleeping Investor, Minim Tenaga Tapi Tetap Cuan!

Manfaat Obligasi Bagi Intermediaries

Sementara bagi intermediaries atau perantara pedagang efek, obligasi bisa menambah pilihan berinvestasi bagi investor yang tentunya akan menguntungkan bagi mereka juga sebagai perantara antara investor dan emiten.

Karakteristik Obligasi

Obligasi mempunyai ciri khas sendiri yang membedakannya dengan jenis investasi lain. Berikut merupakan beberapa karakteristik dan komponen dalam obligasi yang perlu kamu ketahui.

  • Par Value adalah besarnya dana yang dipinjam perusahaan dan akan dibayar kembali sampai jatuh tempo.
  • Maturity Date adalah tanggal jatuh tempo dari obligasi bersangkutan.
  • Call Provision adalah kebijakan yang memungkinkan penerbit obligasi untuk membeli kembali obligasi yang telah diterbitkan dengan harga tertentu.
  • Coupon Interest Rate adalah tingkat bunga yang diberikan oleh penerbit obligasi kepada investor yang membeli obligasi.
  • Yield to Maturity adalah besar imbal hasil yang akan diperoleh pemegang obligasi apabila obligasi tersebut dipegang hingga jatuh tempo.
  • Yield to Call adalah besar imbal hasil yang akan diperoleh pemegang obligasi apabila obligasi tersebut dibeli kembali oleh penerbit obligasi sebelum jatuh temponya.
  • Discount Bond adalah potongan obligasi apabila dijual di bawah harga pasar.
  • Premium Bond adalah kelebihan harga obligasi yang disebabkan harga obligasi dijual di atas harga pasar.
  • Terdapat risiko. Beberapa contoh risiko obligasi adalah risiko inflasi, risiko kredit, hingga risiko tingkat bunga.

Jenis-Jenis Obligasi

jenis-jenis obligasi

Obligasi pun sebenarnya tidak hanya satu jenisnya. Berikut beberapa jenis-jenis obligasi yang perlu kamu ketahui beserta penjelasan lengkapnya.

Apa itu Obligasi Konversi?

Obligasi konversi adalah gabungan dari obligasi dan opsi untuk ditukarkan dengan saham. Sebutan “obligasi tukar” digunakan untuk obligasi yang ditukar dengan saham pihak lain, bukan penerbit obligasi. Periode penukarannya antara 2 hingga 3 tahun.

Apa itu Obligasi Kupon?

Obligasi kupon adalah jenis obligasi dengan skema pembagian keuntungan melalui kupon. Obligasi kupon dibagi menjadi 2, yaitu obligasi kupon tetap dan obligasi kupon variabel. Kupon tetap artinya nilai bunga sama, sedangkan obligasi kupon variabel artinya nilai bunga bisa berubah sewaktu-waktu.

Apa itu Obligasi atas Nama?

Obligasi atas nama adalah jenis oblligasi yang diterbitkan atau dikeluarkan kepada pemilik tertentu dan nama pemegang obligasi secara formal terdaftar pada penerbit serta bunga dibayar otomatis kepada pemilik tersebut.

Apa itu Obligasi Premium?

Premium bonds atau obligasi premium adalah jenis obligasi yang harganya lebih tinggi dibandingkan nilai nominalnya, dengan kata lain obligasi tersebut dijual pada harga premium. Jenis obligasi ini muncul ketika nilai Yield to Maturity (YTM) < Kupon.

Apa itu Obligasi Mandiri?

Obligasi mandiri adalah jenis obligasi yang memungkinkan individu membeli langsung sekuritas. Artinya, individu tersebut mempunyai akses penuh terhadap pendapatan kupon serta pengembalian pokok saat jatuh tempo.

Apa itu Obligasi Tanpa Bunga?

Sesuai namanya, obligasi tanpa bunga adalah obligasi di mana investor tidak mendapatkan kupon bunga sebelum jatuh tempo atau biasa disebut dengan istilah ero coupon bonds. Keuntungan investor obligasi tanpa bunga berasal dari selisih antara harga diskonto dan nilai pokok obligasi ketika jatuh tempo.

Apa itu Obligasi yang Dijamin?

Risiko obligasi tentu tetap ada layaknya instrumen investasi lainnya. Oleh karena itu untuk memastikan kepercayaan investor, maka lahirlah obligasi yang dijamin. Obligasi yang dijamin adalah obligasi yang dijamin oleh pihak perusahaan, sehingga perusahaan memberikan jaminan kepada investor dan apabila perusahaan tidak bisa membayar utangnya, maka jaminan bisa diklaim oleh investor.

Apa itu Obligasi Ritel Indonesia?

Obligasi ritel Indonesia adalah jenis obligasi yang diterbitkan pemerintah Indonesia untuk dijual kepada individu melalui agen penjual obligasi yang ditunjuk langsung oleh pihak pemerintah. Jenis obligasi ini bisa dijadikan investasi perorangan.

Apa itu Obligasi atas Unjuk?

Obligasi atas unjuk adalah obligasi di mana pembawa obligasi dianggap sebagai pemilik obligasi tersebut, di mana seluruh pokok dan bunga dibayarkan pada pembawa tersebut meskipun namanya tidak tercatat di penerbit obligasi.

Apa itu Obligasi Debenture?

Obligasi debenture adalah obligasi jangka panjang yang tidak dijamin oleh hipotek atas properti tertentu sehingga obligasi tidak mempunyai hak gadai terhadap properti tersebut sebagai jaminan atas kewajibannya.

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang apa itu obligasi, manfaat serta komponen-komponennya. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu, ya!

Selain obligasi, salah satu investasi yang tengah menarik minat masyarakat Indonesia saat ini adalah investasi crypto. Di Pintu, kamu bisa investasi crypo mulai dari Rp11.000 saja, lho! Download Pintu sekarang di  App Store atau Play Store kamu masing-masing

Referensi:

Jurnal Akuntansi Bisnis. Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Karakter Obligasi, Reputasi Auditor Terhadap Peringkat Obligasi. Diakses pada Selasa, 31 Mei 2022.

Jurnal Fokus Ekonomi. Pengaruh Suku Bunga Deposito, Kurs Rupiah-USD, Tingkat Inflasi, IHSG, dan Volume Transaksi Terhadap Harga Obligasi Pemerintah RI. Diakses pada Selasa, 31 Mei 2022.

Global Wealth Advisors. Individual Bonds and Bond Funds. Diakses pada Jumat, 3 Juni 2022.

Media Nusa Creative. Manajemen Keuangan. Diakses pada Jumat, 3 Juni 2022.

Penerbit Media Sains Indonesia. Manajemen Keuangan. Diakses pada Sabtu, 4 Juni 2022.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->