Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenis Pasar Uang

Updated
October 15, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenis Pasar Uang
Reading Time: 3 minutes

Pasar uang adalah salah satu sistem keuangan yang memiliki fungsi sangat penting dalam sistem perekonomian modern. Terdapat banyak aktivitas perekonomian yang dilakukan di dalamnya. Simak selengkapnya mengenai pengertian, tujuan, dan jenis-jenis pasar uang lewat artikel berikut ini!

Baca juga: Apa Perbedaan Pasar Primer dan Pasar Sekunder?

Pengertian Pasar Uang

ilustrasi pasar uang

Menurut Investopedia, pasar uang adalah wadah pertukaran uang terorganisasi, di mana peserta pasar uang bisa meminjam maupun meminjamkan sejumlah uang dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun.

Keberadaan pasar uang bisa sangat menguntungkan bagi perusahaan kecil, besar, bank, dan juga pemerintah.

Selain sangat menguntungkan bagi pemerintah, pasar uang juga bisa menguntungkan bagi investor perorangan atau individu. Beberapa alasannya adalah karena instrumen investasi pasar uang bisa dimulai dari jumlah yang kecil, likuiditas yang cenderung cair, serta platformnya yang bisa ditemukan di mana saja.

Tujuan Pasar Uang

Secara umum, tujuan pasar uang adalah untuk menyelenggarakan kegiatan perekonomian. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tiga tujuan pasar uang.

Memfasilitasi Perdagangan

Pasar uang memegang peranan penting untuk membiayai perdagangan di tingkat domestik dan internasional, baik dari segi pertukaran hingga perdagangan mata uang asing.

Memfasilitasi Pertumbuhan Industri

Pasar uang berkontribusi dalam pertumbuhan industri dengan cara mewadahi pinjaman jangka pendek guna mendapatkan modal usaha. Beberapa caranya adalah melalui surat berharga dan berbagai cara lainnya.

Memfasilitasi Investasi

Adanya pasar uang memberi kesempatan pada bank komersial untuk menggunakan cadangan dana yang dimiliki untuk berinvestasi pada berbagai produk keuangan jangka pendek (contoh: pertukaran valuta asing). Kelebihannya adalah instrumen jenis ini relatif likuid dan mudah dikonversi menjadi uang cash.

Siapa Saja Pelaku Pasar Uang?

pelaku pasar uang

Beberapa pihak yang terlibat sebagai pelaku pasar uang adalah sebagai berikut.

Pemerintah

Pemerintah juga bisa menjadi pelaku dari pasar uang, tergantung dari kebijakan masing-masing negara. Contoh pasar uang dengan pelaku pemerintah misalnya negara Amerika Serikat, di mana pemerintah menerbitkan surat berharga yang diperdagangkan di pasar uang. Tujuannya adalah agar mereka bisa memenuhi kebutuhan finansial pemerintahan dan warganya.

Perusahaan

Biasanya, perusahaan yang ikut serta dalam pasar uang adalah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dan finansial, dengan tujuan memodali bisnis dan operasionalnya.

Institusi Keuangan

Salah satu contoh institusi finansial yang berpartisipasi dalam pasar uang adalah bank yang meminjamkan sejumlah dana kepada bank lain maupun perusahaan besar yang membutuhkan dana.

Individu

Pasar uang bukan hanya milik perusahaan besar, bank, dan pemerintah saja. Individu juga bisa berpartisipasi dalam pasar uang. Dalam hal ini, investor individual bisa memilih instrumen investasi jangka pendek di pasar uang dan memperoleh keuntungan sesuai dengan jenis instrumennya.

Jenis-jenis Pasar Uang

Berikut ini adalah beberapa jenis dan contoh-contoh pasar uang yang ada saat ini.

Reksa Dana Pasar Uang

Merupakan salah satu jenis reksa dana yang berfokus pada berbagai produk pasar uang dengan jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Kelebihan berinvestasi pada reksa dana pasar uang adalah bisa dimulai dari modal relatif kecil dan lebih minim risiko dibandingkan jenis reksa dana lainnya.

Money Market Account (MMA)

Money Market Account (MMA) adalah salah satu jenis rekening tabungan, di mana periode penempatan dananya bervariasi antara mulai dari satu hari hingga satu tahun.

Surat Berharga Komersial

Surat berharga komersial, yang sering juga disebut sebagai Commercial Paper digunakan untuk membeli dan menjual pinjaman tanpa jaminan. Pinjaman ini ditujukan untuk perusahaan yang membutuhkan bantuan dana jangka pendek.

Eurodolar

Eurodolar adalah deposito yang disimpan dalam bentuk mata uang dolar dan disimpan di bank selain bank Amerika Serikat.

Banker’s Acceptance (BA)

BA merupakan salah satu pinjaman jangka pendek yang banyak digunakan pada perdagangan asing. Pada dasarnya, Banker’s Acceptance adalah semacam jaminan bagi importir untuk membayar sejumlah produk yang diperdagangkan.

Nah, itu dia pengertian, tujuan, dan jenis-jenis pasar uang yang ada saat ini. Selain pasar uang dan pasar modal, investor di Indonesia mulai tertarik pada instrumen investasi crypto, nih.

Per Mei 2021 lalu, jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah mencapai 6,5 juta orang dan telah melampaui jumlah investor pasar modal. Untuk kamu yang tertarik melakukan investasi atau trading crypto, download Pintu sekarang! Di Pintu, jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Untuk kamu yang masih belum kenal tentang crypto, simak artikel ini: Apa itu Cryptocurrency?

Referensi:

Adam Hayes, Money Market. Diakses tanggal: 12-10-21

Aparijita Sinha, What are The Functions and Importance of Money Market? Diakses tanggal: 12-10-21

Barclay Palmer, Getting to Know the Money Market. Diakses tanggal: 12-10-21

Kompas, Mengenal Reksadana Pasar Uang Beserta Untung Ruginya. Diakses tanggal: 12-10-21

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+